Fundamental Ekonomi Tak Stabil Bikin Rupiah Melempem

Minggu, 29 Juni 2014 - 11:22 WIB
Fundamental Ekonomi Tak Stabil Bikin Rupiah Melempem
Fundamental Ekonomi Tak Stabil Bikin Rupiah Melempem
A A A
JAKARTA - Ekonom dari Institute for Development of Economic Finance (Indef) Aviliani menilai, kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang belum stabil menyebabkan Indonesia belum bisa memiliki rupiah di level stabil.

"Jadi kalau banyak aliran uang yang keluar, rupiah melemah. Karena secara fundamental kita belum bisa memiliki rupiah di level stabil," ujar dia kepada Sindonews, Minggu (29/6/2014).

Sebab itu, lanjut dia, harus ada upaya pemerintah dan Bank Indonesia (BI) untuk melihat kebutuhan jangka pendek dan jangka menengah.

Menurutnya, kondisi ekspor-impor (eksim) Indonesia yang menjadi problem rupiah terus mengalami penurunan. Terlebih arus impor masih belum bisa ditekan.

"Tapi kalau saya lihat secara aliran masuk dari pasar modal itu cenderung belum akan berhenti. Sehingga fundamental kita sendiri, ekspor impor kita yang punya problem. Impor kita masih terlalu banyak ya dan belum bisa di rem. karena itu kebutuhan," imbuh dia.

Bahkan, Aviliani memprediksi pekan depan rupiah masih akan terdepresiasi dan berada di level Rp12.000 per USD. Karena itu Indonesia dinilai perlu segera memperbaiki struktur ekonominya.

"Kita belum bisa memperbaiki fundamental ekonomi, sehingga rupiah terdepresiasi itu masih akan cukup panjang. Misalnya, kita lagi menguat banget karena uang masuk banyak, itu sementara. Jadi memang problema kita adalah memperbaiki struktur ekonomi, baru bisa paling tidak stabilitas daripada nilai tukar itu bisa terjamin," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5664 seconds (0.1#10.140)