Satu Perusahaan Laporkan Tutup Saat TDL Naik

Rabu, 02 Juli 2014 - 19:45 WIB
Satu Perusahaan Laporkan Tutup Saat TDL Naik
Satu Perusahaan Laporkan Tutup Saat TDL Naik
A A A
TANGERANG - Setelah pemerintah resmi menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) 64,7% untuk golongan i 4 per 1 Juli 2014 kemarin, satu perusahaan garmen di Kota Tangerang mengirimkan surat rencana penutupan produksi ke Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.

Kadisnaker Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan bahwa surat rencana penutupan pabrik garmen PT Dharma Palmud, di Jalan MH Thamrin, Kota Tangerang ini diterima Selasa (1/7/2013) kemarin, tepat dengan pengumuman kenaikan TDL.

"Suratnya kita terima kemarin, dan secepatnya kami akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi untuk mengetahui penyebab perusahaan ini akan ditutup," kata Abduh, Rabu (2/7/2014).

Kata Abduh, pihaknya harus memeriksa karena berhubungan dengan pekerja. Dimana dari data yang dilaporkan perusahaan tersebut akan ada 300 karyawan yang dirumahkan akibat penutupan ini.

Saat ditanya penyebab tutupnya perusahaan garmen ini, Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Sri Marsudiharti mengatakan belum dapat dipastikan penyebabnya, apakah karena TDL, efisiensi perusahaan atau penyebab lain.

"Kita investigasi dulu apa penyebabnya, tapi memang sejak awal tahun 2014 ini kalau ada perusahaan yang tutup dengan alasan efisiensi," tegasnya.

Berdasarkan data singkat dari Disnaker, setidaknya ada empat perusahaan di Kota Tangerang yang sudah gulung tikar sejak adanya kenaikan TDL pada Mei lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1076 seconds (0.1#10.140)