Baru Beroperasi, Jembatan Timbang Cikampek Jebol

Senin, 21 Juli 2014 - 13:55 WIB
Baru Beroperasi, Jembatan Timbang Cikampek Jebol
Baru Beroperasi, Jembatan Timbang Cikampek Jebol
A A A
JAKARTA - Penerapan jembatan timbang untuk masuk ke jalan tol Jakarta-Cikampek yang dilakukan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) belum bisa dibilang sukses.

Pasalnya, jembatan timbang tersebut baru dua pekan jebol digunakan untuk menekan kelebihan daya tampung terhadap kendaraan yang melintas di tol sepanjang 83 Km.

"Kami memasang jembatan timbang dua pekan sudah jebol," ujar Direktur Operasional PT Jasa Marga Tbk Hasanudin usai peresmian jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) W2 Utara, Jakarta, Senin, (21/7/2014).

Menurutnya, kerusakan jembatan timbang tersebut dikarenakan banyaknya kendaraan berat yang melewati tol, seperti truk penganggkut kontainer dan truk trailer. Sedangkan jembatan timbang hanya memliki kapasitas beban 20 ton.

"Daya tahan jembatan timbang itu mempan karena kendaraan (yang melintas) 40 ton," katanya.

Dia juga mengeluhkan masalah kondisi jalan tol yang dilewati kendaraan yang melebihi batas muat jalan. Selain menyebabkan kerusakan, overload kendaraan membahayakan para pengguna jalan tol lain.

"Terlebih jika kendaraan berat tersebut melaju lebih kencang dari pada kendaraan lain. Itu akan mengancam keselamatan pengguna jalan," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)