Agus Marto Klaim Stabilitas Keuangan RI Solid

Kamis, 14 Agustus 2014 - 16:08 WIB
Agus Marto Klaim Stabilitas Keuangan RI Solid
Agus Marto Klaim Stabilitas Keuangan RI Solid
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, stabilitas sistem keuangan Indonesia dinilai hingga kini masih solid ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan.

Dia mengungkapkan, ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko kredit, likuiditas dan pasar yang cukup terjaga, serta dukungan modal yang kuat.

"Pada akhir triwulan II 2014, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) masih tinggi sebesar 19,40%, jauh di atas ketentuan minimum 8%. Sedangkan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah dan stabil di kisaran 2,00%," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Sementara, pertumbuhan kredit pada sektor swasta melambat menjadi 16,6% (yoy), lebih rendah dari pertumbuhan di akhir triwulan I/2014 sebesar 19,1% (yoy), sejalan dengan proses penyesuaian dalam perekonomian.

"Kondisi likuiditas baik dalam perekonomian maupun perbankan pada triwulan II/2014 relatif terjaga, tercermin pada pertumbuhan M2 dan dana pihak ketiga (DPK) yang meningkat masing-masing 13,1% (yoy) dan 13,6% (yoy), serta relatif stabilnya suku bunga pasar uang," katanya.

Beberapa bank mengalami keketatan likuiditas, terutama yang masih cenderung ekspansif. Sehingga mendorong persaingan dana dan peningkatan suku bunga perbankan.

Sementara, kinerja pasar modal pada triwulan II/2014 dan Juli 2014 juga membaik, tercermin pada IHSG yang berada dalam tren meningkat.

"Bank Indonesia akan terus berkoordinasi dengan OJK untuk mengelola stabilitas sistem keuangan ke depan agar dapat menopang pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih sehat dan seimbang," pungkas Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7448 seconds (0.1#10.140)