Bos Alfamart Tangkap Peluang Bisnis Online

Rabu, 27 Agustus 2014 - 12:08 WIB
Bos Alfamart Tangkap Peluang Bisnis Online
Bos Alfamart Tangkap Peluang Bisnis Online
A A A
JAKARTA - Belanja produk kebutuhan sehari-hari melalui internet kini bukanlah hal yang mustahil. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola ritel Alfamat menangkap peluang bisnis minimarket dengan online melalui kehadiran Alfaonline, yakni layanan berbelanja online milik Alfamart dengan alamat www.alfaonline.com.

Corporate Communication General Manager SAT, Nur Rachman optimis layanan ini memiliki prospek cerah. Melalui Alfaonline konsumen dapat memperoleh produk kebutuhannya tanpa harus datang ke toko.

“Produk yang dijual di Alfaonline pada umumnya saat ini serupa dengan yang ada di minimarket. Meskipun begitu, target belanja di Alfaonline berbeda segmen dengan yang ada di gerai Alfamart. Category product yang kami tawarkan kepada konsumen mengalami pengembangan dan peningkatan, dari hanya produk groceries, juga available produk-produk yang disesuaikan dengan trend belanja e-commerce saat ini, seperti baby's essential, gadget accessories, dsb,” ucapnya.

Ia mengatakan, Alfaonline menawarkan kemudahan berbelanja bagi konsumen dengan adanya dua sistem guna mendapatkan produk yang dibeli yakni pengambilan barang di toko dan pengiriman barang dengan jadwal tertentu.
“Melalui dua sistem ini konsumen dapat memilih apakah ingin produknya diantar atau mengambil sendiri di toko. Konsumen juga dapat memilih waktu pengambilan atau pengantaran barang sesuai dengan jadwal yang ada, “ jelas Nur Rachman.

Sejak diluncurkan pada 18 Februari 2013, hingga Juli 2014, Alfaonline sudah berada di 13 kota, yakni di Jabodetabek, Bandung, Klaten, Sidoarjo, Semarang, dan Yogyakarta. Sambutan positif masyarakat terhadap Alfaonline ditandai dengan jumlah pengunjung web Alfaonline per hari berkisar antara 2.000-2.500 visitors. Saat ini, yang tercatat sudah ada 20 ribu anggota.

“Average Basket Size konsumen juga mengalami peningkatan dari Rp50,000 menjadi Rp 75,000-80,000/hari,” ucapnya.

Menurut Nur Rachman, pengembangan Alfaonline pada tahun ini akan difokuskan di Pulau Jawa. Selain itu, pengembangan Alfaonline akan dilakukan melalui jenis produk yang dijual.

“Alfaonline akan dilengkapi dengan produk-produk sesuai dengan target marketnya, yakni pasutri dan anak serta akan menyediakan produk-produk yang hanya ada di Alfaonline dan tidak kita jual di Alfamart, contohnya power bank dan mainan anak,” ujarnya.

Ia berharap dengan pengadaan produk-produk yang variatif dapat meningkatkan jumlah transaksi Alfaonline.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)