Jero Wacik Belum Percaya Newmont Cabut Gugatan

Rabu, 27 Agustus 2014 - 21:24 WIB
Jero Wacik Belum Percaya Newmont Cabut Gugatan
Jero Wacik Belum Percaya Newmont Cabut Gugatan
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengakui secara resmi belum menerima surat pencabutan gugatan arbitrase internasional PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) yang diajukan ke International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

"Saya memang mendengar Newmont mencabut gugatan arbitrase. Saya mendengar, cuma belum ada bukti. Kita tunggu dulu," ujar Wacik saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SPBU Coco, Jl. Abdul Muis, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Dia juga menegaskan, pemerintah Indonesia tidak akan gentar menghadapi gugatan arbitrase yang diajukan perusahaan tambang asal negeri Paman Sam ini. "Kalau Pemerintah Indonesia digugat, kita lawan," ujarnya.

Kendati demikian, Wacik memastikan, apabila Newmont sudah benar-benar mencabut gugatan arbitrasenya, kemungkinan ruang renegosiasi terbuka kembali.

"Saya selalu siap tempur. Negara harus siap tempur, ya pokoknya kita siap, kalau untuk negara. Ini kan bagian dari kedaulatan, kalau kita sebagai negara kita teken misalnya dituntut oleh perusahaan asing, apalagi kita berpatokan pada UU Minerba sah kita hadapi. Kalau dia (Newmont) cabut sebetulnya bagus, kedaulatan kita akan kelihatan," ungkap Wacik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9444 seconds (0.1#10.140)