Jero Tegaskan Pemerintah SBY Tak Naikkan Harga BBM

Senin, 01 September 2014 - 14:36 WIB
Jero Tegaskan Pemerintah SBY Tak Naikkan Harga BBM
Jero Tegaskan Pemerintah SBY Tak Naikkan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi lagi.

Dia mengatakan, hal ini lantaran sejak awal pemerintahan SBY hingga sekarang sudah 4 kali menaikan harga BBM bersubsidi.

"Nah, karena itu maka program kenaikan harga BBM itu program di pemerintahan dari 2004, tapi kan kemarin ada polemik seolah-olah SBY takut menaikkan harga BBM, enggak. Enggak takut. Buktinya sudah 4 kali. Jadi bukan gak pernah, 4 kali sudah kita naikkan," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Jero mengakui bahwa anggaran untuk subsidi energi Rp400 triliun dinilai terlalu tinggi. Padahal, anggaran subsidi energi, BBM dan listrik sebenarnya dapat digunakan untuk sektor lainnya.

"Tetapi menurunkan subsidi tidak mudah. Subsidi jatuh ke tangan yang kurang berhak, punya mobil masih beli premium sehingga pengedalian ini juga tidak mudah," ujarnya.

Jero menuturkan, dengan alasan tersebut tim transisi yang dibentuk pemerintah SBY mendorong pemerintah terpilih untuk menaikan harga BBM. Namun demikian, pihaknya tidak mengusulkan berapa kenaikan realistinya.

"Belum, tidak ada cuma kami mengingatkan. Ini lagi di bahas tim transisi dari SBY dan Jokowi," tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6752 seconds (0.1#10.140)