Nasib Newmont di Tangan Freeport

Selasa, 02 September 2014 - 19:50 WIB
Nasib Newmont di Tangan Freeport
Nasib Newmont di Tangan Freeport
A A A
JAKARTA - Hubungan kerja antara pemerintah Indonesia dengan PT Newmont Nusa Tenggara (NTT) kembali 'mesra' pasca dicabutnya gugatan arbitrase internasional yang dilakukan NNT terhadap UU Minerba Indonesia. Pemerintah dan Newmont telah menyepakati beberapa poin tertentu meski belum ada persetujuan sampai dengan saat ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM, Sukhyar mengatakan, pihaknya telah menyepakati komitmen yang dimiliki Newmont. Newmont akan mengolah konsentrat mereka. Namun demikian, mereka akan menggunakan smelter milik PT Freeport Indonesia.

Menurut Sukhyar, nasib Newmont sanggat bergantung dengan Freeport. "Pemurnian kan sudah lama ya, mereka bilang mau melakukan suplai ke smelter Freeport. Jumlahnya itu sekitar 600 ribu ton konsentrat per tahun. Jadi mereka pasok ke smelter Freeport. Dan antara Freeport dengan Newmont ada MoU," ucap Sukhyar di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Meskipun dimikian, Sukhyar tetap menagih komitmen Newmont yang dengan ini adalah komitmen dalam membangun smelter. Newmont juga harus tetap membayar Bea Keluar sesuai progress smelter Freeport. Tidak tanggung-tanggung, Sukhyar menyebut bahwa nasib Newmont saat ini berada di tangan Freeport.

"Ada sisa jarak ya, smelter Freeport masih belum optimal diisi oleh Newmont. Mereka siap membayarkan uang jaminan sebesar USD25 juta. Mereka juga bisa cairkan penuh tergantung progres smelter Freeport. Newmont sangat diikat Freeport. Jika Freeport kinerjanya buruk kenalah si Newmont," tegasnya.

Pembayaran Bea Keluar Newmont saat ini juga sangat tergantung dengan Freeport. Newmont akan mengikuti mengenai seberapa besar Bea Keluar ekspor konsentrat yang dibayar Freeport.

"Bea keluar oke lah, kalau sekarang Freeport 7,5% bayar dia (Newmont) bayar 7,5%. Kalau 5% kena 5%. Soalnya itu pakai smelter Freeport," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4447 seconds (0.1#10.140)