Jero Wacik Dituding sebagai Bagian dari Mafia Migas

Minggu, 14 September 2014 - 18:43 WIB
Jero Wacik Dituding sebagai Bagian dari Mafia Migas
Jero Wacik Dituding sebagai Bagian dari Mafia Migas
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini secara resmi menetapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik sebagai tersangka.

Kaitannya atas dugaan korupsi atau gratifikasi Terkait kegiatan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun buku 2013.

Menanggapi hal itu, Peneliti Indonesia For Global Justice (IGJ) Salamudin Daeng mengatakan bahwa mantan Menteri Budaya dan Pariwisata (Menbudpar) ini sebagai bagian dari sindikat mafia migas.

Sebab, Jero termasuk aktor yang turut berperan dalam sistem liberal perusahaan minyak multinasional. Menurutnya, siapapun yang terjun di dalamnya akan masuk dalam sistem yang telah dibuat.

"Jero Wacik dan seluruh orang yang masuk dalam sistem liberal otomatis dia termasuk jadi mafia (bagian dari mafia). Kalau Jero Wacik imej tiap orang beda-beda, apakah dia mafia minerba, migas," ujar dia dalam Diskusi Publik di Dapur Selera, Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Menurutnya, solusi terbaik adalah dengan memperbaiki sistem tata kelola perminyakan di Indonesia. Pasalnya, para mafia migas tersebut masuk dengan menerobos sistem.

"Solusinya perbaiki sistem. Negara punya dominasi dalam eksploitasi hasil migas dan minerba," imbuhnya.

Sementara itu, Pengkaji Geopolitik dan Direktur Eksekutif Global Future Institute (GFI), Hendrajit menambahkan, hal yang terjadi pada Jero wacik disebabkan pria keturunan Bali tersebut tak paham dengan skema perang menghadapi mafia migas.

"Jero enggak ngerti skema perang menghadapi mafia migas, makanya bisa kepleset," tutupnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4144 seconds (0.1#10.140)