Jokowi Tuding Rupiah Merosot Terimbas Penetapan Pimpinan MPR

Rabu, 08 Oktober 2014 - 13:18 WIB
Jokowi Tuding Rupiah Merosot Terimbas Penetapan Pimpinan MPR
Jokowi Tuding Rupiah Merosot Terimbas Penetapan Pimpinan MPR
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menuding pelemahan rupiah hari ini tidak terlepas pada kekecewaan pasar atas hasil rapat sidang paripurna penetapan pimpinan MPR RI kemarin.

Diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan siang ini makin merosot. Posisi rupiah berdasarkan data Bloomberg siang ini berada pada level Rp12.258 per USD.

"Memang saya sampaikan sinyal yang ditangkap pasar direspon itu negatif," kata Jokowi di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Rabu (7/10/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini situasi politik di Indonesia terus dipantau oleh pasar. Sebab itu, sebaiknya pemerintah ataupun DPR tidak membuat keputusan yang mengakibatkan pasar kecewa.

"Oleh sebab itu saya pesan kepada politisi-politisi, elit-elit politik, berpesan agar setiap tingkah laku kita, setiap kebijakan dan produk-produk birokrasi kita dilihat pasar, rakyat," tambah dia.

Melihat kondisi rupiah yang terus melemah seperti ini Jokowi pun meminta agar sedianya hal ini dapat dicegah dengan mendengarkan keinginan rakyat. "Kalau direspon negatif itu harus didengar. Mendengar keinganan rakyat dan pasar," pungkasnya.

(Baca: Rupiah Merosot ke Rp12.258/USD Siang Ini)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7168 seconds (0.1#10.140)