Beberapa Industri Jabar Pindah ke Jateng‪

Kamis, 09 Oktober 2014 - 07:15 WIB
Beberapa Industri Jabar Pindah ke Jateng‪
Beberapa Industri Jabar Pindah ke Jateng‪
A A A
BANDUNG - Di tengah rencana relokasi industri ke kawasan Majalengka, Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat (Apindo Jabar) menyatakan, beberapa industri malah merelokasi usahanya ke daerah lain.

Dikatakan Wakil Ketua Apindo Jabar Ari Hendarmin, beberapa industri dari kawasan barat seperti Bekasi, Karawang, dan Bogor sudah merelokasi usahanya ke Jawa Tengah.

"Alasan dari para pelaku di antaranya adalah pemerintah Jateng lebih terbuka soal investasi serta sudah menyiapkan tata ruang secara matang untuk menerima investor yang akan mendirikan industri padat karya," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (8/10/2014).

Lebih dari itu, kata dia, di Jateng pun ketersediaan tenaga kerja sudah dipersiapkan oleh pemerintah setempat. Tentu hal ini memicu ketertarikan para pelaku industri untuk merelokasi usahanya ke sana.

"Upah tenaga kerja di wilayah timur seperti Malengka, Cirebon, Kuningan, dan Indramayu masih tergolong murah yang berada pada kisaran Rp1 juta. Tetapi, faktor yang tidak membuat pelaku usaha tertarik adalah kesiapan pemerintahannya dalam menyiapkan tata ruang dan penyediaan tenaga kerja," tuturnya.

Dia menjelaskan, investor jelas akan lebih memilih mencari peluang yang termudah daripada yang berbelit-belit. Dia mencontohkan, pengembangan industri dan relokasi ke kawasan industri Aerocity Majalengka masih sebatas wacana.

"Investor sejauh ini masih dihadapkan pada beberapa permasalahan seperti tata ruang dan lainnya. Yang justru membuat mereka merasa tidak dimudahkan sehingga menjadikan mereka berpikir lebih untuk langsung menanamkan modalnya," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5595 seconds (0.1#10.140)