Kemendag Akui Target Ekspor Sulit Dicapai

Selasa, 04 November 2014 - 18:20 WIB
Kemendag Akui Target Ekspor Sulit Dicapai
Kemendag Akui Target Ekspor Sulit Dicapai
A A A
JAKARTA - Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Nus Nuzulia mengatakan, melihat pencapaian ekspor kuartal III-2014, target ekspor yang mencapai USD109 miliar akan sulit.

Hal tersebut disampaikannya mengingat ada beberapa komoditi yang harganya mengalami penurunan harga.

"Ini agak sulit ya, karena kan ada 8 komoditi yang mengalami penurunan harga seperti CPO kemudian ruber," ungkap dia dalam paparan kinerja ekspor bulanan di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Menurut dia, dalam hal ruber mengalami penurunan harga yang cukup tinggi khususnya dengan penurunan harga di kancah perdagangan internasional.

Untuk langkah realistis yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini adalah, dengan melakukan koordinasi dengan beberapa kementerian terkait khususnya yang bisa mendongkrak komoditi penting penunjang ekspor.

"Seperti tadi arahan dari Pak Menteri, kita harus melakukan koordinasi. Yang kita lihat potensi dari tambak kita yaitu udang," ujar dia lagi.

Nus juga melihat, udang Indonesia baru mencapai sebesar USD 1,1 miliar. Karena adanya ilegal fishing yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Ikan juga mengalami penurunan cukup tinggi dan maka itu kita koordinasi dengan kementrian KKP supaya ikan ini diperhatikan sehingga ekspor ke negara tujuan membaik," tandas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3294 seconds (0.1#10.140)