Menkeu Dorong Hilirisasi SDA

Selasa, 27 Januari 2015 - 19:23 WIB
Menkeu Dorong Hilirisasi SDA
Menkeu Dorong Hilirisasi SDA
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mendorong para pengusaha komoditas terutama sektor sumber daya alam (SDA) agar bergerak ke industri hilir.

Industri hilir berupa manufaktur yang memroses bahan mentah menjadi barang jadi. Bambang mencontohkan ketika harga karet sedang turun, pengusaha kebingungan.

"Memperkuat satu hal yaitu manufaktur, ke depan hilirisasi SDA baik tambang dan perkebunan. Kita lihat paling clear kasus karet, pengusaha langsung kena dampak luar biasa, karena permintaan global turun. Harga minyak rendah, karet sintetis dari minyak makin tergerus," ujarnya dalam Mandiri Investment Forum 2015 di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, Indonesia terlambat dibanding Malaysia karena tidak cukup cepat hilirisasi karet, akibat tidak ada bea keluar. Ketika ada, habis-habisan dimanfaatkan importir karet.

"Kemarin, harga karet jatuh mereka kebanjiran pesanan sarang tangan dari Afrika karena untuk menanggulangi penyakit ebola. Suplai karet di dunia terbesar dari Malaysia," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4127 seconds (0.1#10.140)