Pemerintah Harus Perhatikan Ini agar Target Pajak Tercapai

Selasa, 24 Februari 2015 - 14:31 WIB
Pemerintah Harus Perhatikan Ini agar Target Pajak Tercapai
Pemerintah Harus Perhatikan Ini agar Target Pajak Tercapai
A A A
JAKARTA - Pengamat Ekonomi dari I‎nstitude for Development of Economic Finance (Indef) Aviliani mengatakan, jika pemerintah Indonesia menaikkan target penerimaan pajak sebesar Rp400 triliun, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar target pajak tercapai.

Ketegasan pemerintah dalam memberikan punishment terhadap pengemplang pajak, ujar Aviliani harus benar-benar ditegakkan. "Orang-orang menunggu adanya policy (kebijakan). Mereka harus ditegur dulu baru mau bayar pajak. Kalau mereka sudah sadar dari awal, maka penerimaan pajak kita akan naik," ungkapnya di Jakarta, Selasa (23/2/2015).

Perhatian pemerintah tak hanya sebatas itu, melainkan orang-orang kaya juga harus dicari untuk data wajib pajak yang harus membayar pajak. Pasalnya, pajak yang dikenakan untuk orang kaya saat ini masih kecil. "Orang-orang itu pada akhirnya menaruh dananya ke luar negeri, seperti di Singapura," papar dia.

Aviliani juga mengatakan, bahwa jumlah orang kaya di dalam negeri ada 50 juta jiwa namun yang membayar pajak hanya 25 juta. "Ini harus digarap pemerintah agar target penerimaan pajak negara bisa naik tajam," pungkasnya.

Dalam keputusan APBNP 2015, pemerintah Jokowi-JK menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp1.439 triliun. Di mana sektor pajak penghaislan menjadi penerimaan paling tinggi yaitu sebesar Rp679 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4730 seconds (0.1#10.140)