Kelambu Cantik untuk Tampilan Menarik

Rabu, 25 Februari 2015 - 11:53 WIB
Kelambu Cantik untuk Tampilan Menarik
Kelambu Cantik untuk Tampilan Menarik
A A A
Semakin maju perkembangan tren model hunian saat ini menciptakan banyak variasi dalam menghias interior rumah agar menjadi lebih indah.

Salah satunya dengan dekorasi kelambu. Kali ini kehadirannya bukan di tempat tidur, tapi bisa Anda tampilkan untuk dekorasi ruangan lain.

Kelambu kini bukan sekadar pelengkap yang bisa menemani Anda kala tertidur di kamar. Kalau Anda kreatif, Anda dapat menyulap benda ini menjadi elemen dekorasi ruang nan cantik. Bila merunut ke belakang, kelambu memiliki fungsi sebagai pelindung dari serangan serangga, seperti nyamuk.

Awalnya, kelambu selalu dijadikan “pendamping” tempat tidur sehingga orang kerap beranggapan bahwa kelambu hanya cocok dijadikan hiasan di tempat tidur. Padahal, menurut desainer interior Ade Lesmana, kelambu bisa memberikan kesan yang menarik untuk melengkapi dekorasi rumah. Itu pun jika kita tahu bagaimana menempatkannya dan disesuaikan dengan gaya rumah.

“Kelambu bisa dijadikan aksen hiasan sofa bergaya Victorian dengan memberikan sanggahan di atasnya. Jika ingin lebih hidup, bisa ditaruh di depan pintu layaknya tirai. Tentu ini akan menambah eksotik tampilannya,” kata Ade. Tidak hanya menambah kesan eksotik dan cantik, kelambu juga dapat memberikan nuansa tersendiri di dalam rumah Anda.

Sebagai contoh, bila Anda ingin menampilkan desain bergaya Eropa, kelambu bisa dijadikan aksesori penghias di ranjang tempat Anda beristirahat. Sebetulnya ada cara khusus dalam menghias kelambu agar tampak lebih menarik dan tidak berlebihan. Caranya dengan menghias bagian yang menurut Anda paling penting dulu, misalkan area depan.

Mungkin bagian plafon atau langit-langit rumah dapat dibuat berbeda dengan aplikasi kelambu yang menggantung di atasnya. “Kelambu juga bisa dijadikan aksen di dalam ruangan. Kelambu dapat dipasang di langit-langit dengan cara memaku bagian tengah dan ujungnya. Dengan begitu, ruang tamu akan semakin berkesan hangat,” ucap Ade.

Kelambu yang terpasang di langit-langit bakal menciptakan suasana Timur Tengah di ruangan Anda. Selain itu, kelambu juga bisa meredam suara di dalam ruangan hingga menjadi lebih tenang dan nyaman untuk dijadikan ruang berbincang dengan tamu Anda. Meski demikian, bukan berarti kelambu bisa digunakan untuk menghias semua sudut rumah.

Jika Anda salah menatanya, akan terlihat sangat aneh. Salah satu ruangan yang paling pas untuk didekorasi menggunakan kelambu adalah kamar tidur. “Kamar tidur adalah area yang paling serasi bila diletakkan kelambu karena memang fungsi utama kelambu sebagai pelindung. Untuk penataannya, kelambu bisa dipasang di bagian tengah seperti bentuk payung atau menggunakan penyangga dari kayu di setiap bagian pinggir tempat tidur,” papar Ade.

Hal yang sama disampaikan Elizabeth, salah seorang pemilik toko furnitur. Saat ini sudah ada banyak furnitur yang langsung divariasikan dengan kelambu. Kebanyakan jenis ranjang Jawa dengan aksen ukiran tertentu. Untuk ranjang Jawa, biasanya terbuat dari kayu jati. Ada satu ruangan yang harus Anda hindari dari penggunaan kelambu, yaitu dapur.

Jangan sesekali Anda menghias ruang untuk kegiatan memasak ini menggunakan kelambu. Bisa jadi bukan tampilan menarik yang terlihat di dapur, tapi malah tampak janggal atau memaksakan. “Dapur bukan tempat yang cocok untuk dihias menggunakan kelambu karena bagian ini penuh dengan kegiatan yang berat dan menggunakan bahan bakar. Jadi, bisa sangat berbahaya,” tandas Elizabeth.

Setelah menentukan ruangan yang ingin Anda hias dengan kelambu, bagian terpenting selanjutnya adalah pemilihan warna. Ada baiknya Anda memilih warna yang sesuai dengan konsep hunian serta latar warna dinding yang sudah diterapkan sebelumnya. Jika ruang tamu Anda sudah menggunakan warna netral, seperti putih dan krem, tentu kelambu berwarna mencolok semisal merah marun, bisa dijadikan pilihan.

Sementara bila ruang tamu Anda sudah berwarna terang, kelambu pinkdapat menciptakan nuansa ruangan yang lebih ceria. Kunci utama dalam menghias rumah menggunakan kelambu, Anda harus pintar menyesuaikannya dengan gaya serta permainan warna yang pas. Sebab, tampilan ruang yang sedap dipandang mata hanya akan terwujud jika semua bisa berjalan selaras.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)