REI Berharap KPR FLPP Berlaku untuk Rumah Kecil Komersial

Sabtu, 28 Februari 2015 - 07:07 WIB
REI Berharap KPR FLPP Berlaku untuk Rumah Kecil Komersial
REI Berharap KPR FLPP Berlaku untuk Rumah Kecil Komersial
A A A
SEMARANG - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mengharapkan, program Fasilitas Liquiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tidak hanya untuk rumah bersubsidi, namun juga rumah kecil komersial. Hal itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang terus naik setiap tahun.

Ketua DPD REI Jateng MR Prijanto mengatakan, komitmen Pemerintah dalam menyediakan rumah khususnya bagi MBR adalah langkah yang sangat baik. Namun, butuh komitmen lain dalam pengurusan syarat-syarat pembangunan.

Menurutnya, harga rumah yang terus naik menjadi salah satu kendala dalam menyediakan perumahan layak untuk MBR. Sebab itu, REI mengusulkan, supaya rumah yang harganya di bawah Rp200 juta, bisa mendapatkan program FLPP.

“Saat ini harga rumah yang mendapatkan program FLPP adalah rumah dengan harga Rp110 juta. Kami berharap tidak hanya untuk rumah dengan harga tersebut saja yang mendapatkan FLPP, tapi juga rumah dengan harga di bawah Rp200 juta,” ujarnya, Jumat (27/2/2015).

Dia menuturkan, jika rumah dengan harga di bawah Rp200 juta mendapatkan program FLPP, maka suku bunga KPR-nya akan lebih rendah dibandingkan perumahan komersil. Saat ini, suku bunga KPR rumah komersil mencapai 14% lebih, sedangkan suku bunga KPR FLPP 7,5%. “Dengan suku bunga 7,5% rumah dengan harga di bawah Rp200 juta akan mampu dijangkau MBR," tegasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.6039 seconds (0.1#10.140)