Sofyan Bantah Harga Solar Akan Naik

Senin, 02 Maret 2015 - 19:35 WIB
Sofyan Bantah Harga Solar Akan Naik
Sofyan Bantah Harga Solar Akan Naik
A A A
JAKARTA - Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, harga solar tidak akan naik dalam waktu dekat. Kondisi ini juga akan dilihat secara keseluruhan dari berbagai aspek keekonomian Indonesia.

Hal itu dikatakan Sofyan menanggapi harga bahan bakar minyak (BBM) premium yang naik Rp200 per liter seharusnya juga dialami solar yang disinyalir juga akan mengalami kenaikan Rp100 per liter dan otomatis subsidinya harus ditambah.

"Harga minyak itu menyesuaikan harga kurs, kemudian harga Mops juga. Jadi kemudian kadang-kadang ada yang namanya itu perhitungan teknis sekali. Artinya, subsidi enggak ditambah tetap Rp1.000," ungkap Sofyan, Senin (2/3/2015).

Solar sendiri, ujar Sofyan masih menyimpan kelebihan Rp50 di bulan lalu secara rata-rata. Sehingga pemerintah masih memiliki cadangan untuk solar, karena itu harganya tak perlu berubah.

"Mungkin ada kelebihan Rp50 per liter di bulan lalu jika secara rata-rata. Berarti kita punya tabungan yang menyebabkan solar enggak perlu naik," paparnya.

Jika rupiah nantinya melemah lagi dan harga minyak kembali rebound di angka tinggi, Sofyan mengatakan, pemerintah akan kembali menyesuaikan harga solar. "Kita akan sesuaikan, tapi tetap pemerintah akan berikan subsidi Rp1.000 saja," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)