Kenaikan BBM Timbulkan Ketidakpastian Pedagang Kecil

Rabu, 01 April 2015 - 17:54 WIB
Kenaikan BBM Timbulkan Ketidakpastian Pedagang Kecil
Kenaikan BBM Timbulkan Ketidakpastian Pedagang Kecil
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI), Ngadiran menyatakan, kenaikan BBM (harga bahan bakar minyak) secara tiba-tiba membuat tidak nyaman dan menimbulkan ketidakpastian bagi pedagang kecil.

Sebab, dengan fenomena ini akan membuat gonjang-ganjing iklim usaha yang banting tulang setiap hari demi mendapatkan rupiah.

"Itu kalau bagi kita yang pedagang kecil, pedagang pasar, tidak nyaman dan tidak ada kepastian dalam berusaha. Tidak ada kepastian harga. Kita bingung," ujar Ngadiran ketika dihubungi Sindonews di Jakarta, Rabu (1/4/2015)

Ongkos angkut, lanjut dia, naik karena bahan bakar minyak merangkak. "Pengaruhnya, ongkos angkut barang terus bergerak. Nah ini kan melemahakan daya beli dan menyulitkan rakyat," terangnya.

Ngadiran menyayangkan kebijakan Presiden Joko Widodo atas kenaikan BBM. Menurutnya, pemerintah tidak memikirkan dampak ke depan.

"Kebijakan yang diambil, dia mengatakan kebijakan yang tidak populer tapi berani ambil. Ya, ambil keputusan sih enak saja, tapi selaku pelaku yang ada di bawah itu sulit. Dia enggak berpikir bahwa ini dampaknya ke petani, nelayan, pedagang kecil, itu yang jelas sangat punya pengaruh," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6755 seconds (0.1#10.140)