Indonesia Membutuhkan Bank Industri

Selasa, 05 Mei 2015 - 14:48 WIB
Indonesia Membutuhkan Bank Industri
Indonesia Membutuhkan Bank Industri
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian mendukung pembentukan lembaga pembiayaan khusus industri alias bank industri.Sekor perindustrian di Indonesia saat ini membutuhkan bank yang dapat membantu dalam pembiayaan usaha meraka.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, bank industri sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri di Indonesia. Bank ini dinilai mampu menciptakan kemandirian ekonomi di Indonesia.

"Secara umum terbentuknya lembaga pembiayaan pembangunan industri secara tidak langsung dapat mendorong tercapainya kemandirian ekonomi nasional, tidak saja tergantung dengan pinjaman luar negeri," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Politisi Partai Hanura ini menuturkan bank industri tersebut diharapkan bisa menjadi alternatif pembiayaan untuk industri kecil dan menengah.

Saat ini, lanjut Saleh, tingginya tingkat suku bunga perbankan di Indonesia menjadi penghambat tumbuhnya sektor industri. Kondisi tersebut menyebabkan mahalnya pembiayaan investasi dan pada akhirnya mengakibatkan daya saing industri nasional rendah.‎

"Suku bunga kredit Indonesia yang paling tinggi dibandingkan dengan suku bunga kredit di negara-negara Asia lainnya," terang Saleh.

Terlebih, perbankan di Indonesia yang notabenenya mayoritas berskema bank umum menyulitkan pembiayaan sektor industri yang berskala menengah panjang. Sebab itu, bank industri menjadi pilihan paling cocok untuk meningkatkan daya saing industri nasional.

"Periode waktu tersebut dirasa terlalu panjang bagi perbankan karena kurang aman dari sisi pengaturan manajemen aset dan liabilitas. Hal ini menjadi alasan kuat perlunya lembaga pembiayaan industri yang memiliki spesialisasi dan memberikan pinjaman jangka panjang," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)