Menteri ESDM Lantik Lima Pejabat Eselon I

Kamis, 07 Mei 2015 - 09:48 WIB
Menteri ESDM Lantik Lima Pejabat Eselon I
Menteri ESDM Lantik Lima Pejabat Eselon I
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melantik dan mengambil sumpah lima pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas).

Pantauan Sindonews, pelantikan dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB di lobi Gedung Sekretaris Jenderal (Setjen) Kementerian ESDM. Selain pejabat eselon I dan pimpinan SKK Migas, pelantikan juga dilakukan terhadap pejabat eselon II di lingkungan Kementerian ESDM‎.

Sudirman mengungkapkan, dalam proses seleksi pejabat di lingkungan Kementerian ESDM tersebut banyak tantangan yang muncul, seperti kemunculan spekulan yang memainkan keadaan dengan mengatasnamakan sekretaris negara (setneg) ataupun kantor presiden.

"Saya bersyukur proses panjang ini selesai dengan selamat. Bapak dan ibu yang dilantik ini betul-betul lulusan UMPTN betulan," katanya di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Menurut dia, proses pelantikan tersebut menjadi penting karena nantinya para pejabat akan mengemban tugas kenegaraan. Pengambilan sumpah pun bukan ditujukan kepada diri sendiri, namun kepada seluruh hadirin dan Tuhan.

"Secara optik nampaknya cuma teken, tapi deep inside Anda menyerahkan jiwa dan raga kepada bangsa. Itulah esensi dari sumpah pejabat publik. Anda menempatkan diri sebagai pelayan publik dan hidup pribadi Anda semua akan dikorbankan. Jadi, mohon yang bersumpah tadi menghayati betul kata demi kata makna sumpah itu," tutur dia.

Sekadar informasi, kelima pejabat eselon I yang dilantik telah melalui proses recruitment terbuka sejak November 2014. Setidaknya terdapat 110 pelamar, di antaranya nonPNS.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wi‎yanda Pusponegoro, Kepala BPH Migas Andi Noorsaman Someng dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Adapun pejabat eselon I yang dilantik hari ini, yakni:

1. Direktur Jenderal (Dirjen) Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja
2. Dirjen Ketenagalistrikan Jarman
3. Dirjen Minerba Bambang Gatot
4. Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana
5. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Satry Nugraha

Sementara pimpinan SKK Migas yang dilantik:

1. Deputi Pengendalian dan Perencanaan SKK Migas Gunawan
2. Deputi Pengendalian Operasi Muliawan Haji
3. Deputi Pengendalian Keuangan Parulian
4. Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis Rudianto Rimbono
5. Sekretaris SKK Migas Budi Agustiono
6. Wakil Kepala SKK Migas Zikrullah
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9510 seconds (0.1#10.140)