Inkubator Bisnis Dikembangkan

Rabu, 13 Mei 2015 - 09:51 WIB
Inkubator Bisnis Dikembangkan
Inkubator Bisnis Dikembangkan
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membangun 100 kawasan edukasi dan teknologi mulai tahun ini hingga 2019.

Fasilitas tersebut diharapkan turut mendorong tumbuhnya wirausaha baru di daerah. ”Intinya di wilayah itu akan diciptakan lingkungan wirausaha yang berdasarkan sains dan teknologi maupun yang di luar bidang tersebut,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, rencana tersebut sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Fasilitas tersebut sebenarnya sudah ada yang eksis, namun tidak terlalu berhasil. ”Pemerintah sudah membahas segala kendala yang ada selama ini. Kita akan buat pendekatan yang lain sehingga area tersebut akan memberikan solusi yang komprehensif,” lanjutnya.

Sofyan melanjutkan, pemerintah akan mendorong tumbuhnya wilayah edukasi dan teknologi dengan memberikan insentif pajak bagi perusahaan kecil yang ada di kawasan tersebut. Dia juga menjanjikan akan mempermudah izin usaha. Intinya, kata dia, ketika wirausaha baru ingin memulai bisnis di kawasan tersebut, hanya tinggal fokus melaksanakan dan pemerintah akan mengurus keperluan yang dibutuhkan.

Terkait permodalan akan ditawarkan kredit permodalan atau pinjaman lainnya. ”Selama ini dananya tersebar di berbagai lembaga dan sedikit-sedikit menjadi terbuang, lebih baik difokuskan supaya manfaatnya jadi lebih banyak,” ungkapnya.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir berharap program kerja pemerintah ini dapat menghasilkan sejumlah industri baru. Saat ini masih terdapat kesulitan bagi para pengusaha untuk menghilirkan hasil riset yang dikelola para peneliti.

”Para pengusaha seringkali takut pada risiko seperti kegagalan bisnis. Pada bagian inilah yang akan dijamin oleh pemerintah. Kami bisa memberikan asuransi untuk usahanya,” tegasnya.

Rabia edr
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8303 seconds (0.1#10.140)