Faisal Lega Lepas Jabatan Ketua Tim Antimafia Migas

Rabu, 13 Mei 2015 - 18:03 WIB
Faisal Lega Lepas Jabatan Ketua Tim Antimafia Migas
Faisal Lega Lepas Jabatan Ketua Tim Antimafia Migas
A A A
JAKARTA - Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) Faisal Basri mengaku lega telah melepas jabatannya di tim yang juga disebut antimafia migas tersebut. Tim yang dibentuk sejak November 2014 tersebut resmi dibubarkan hari ini.

Dia mengatakan, kelegaannya tersebut‎ lantaran sebagian besar rekomendasi yang diajukan telah ditindaklanjut pemerintah. Misalnya, mengenai rekomendasi menciptakan efisiensi biaya di sektor energi.

"Yang jelas didengar dan dituntaskan, itu penataan pengadaan minyak yang kita inginkan efisien. Kemudian dibuat rambunya agar tidak mudah bagi pemburu rente untuk masuk. Yang dilakukan pemerintah itu melebihi ekspektasi kami," ujarnya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Selain itu, rekomendasi tim untuk membubarkan anak usaha PT Pertamina (Persero), yaitu Pertamina Energy Trading Limited (Petral) telah dilaksanakan pemerintah. Petral dan anak usaha turunannya telah dilikuidasi.

‎"Setahu saya yang dibubarkan itu bukan hanya Petral, tapi juga PES dan Zambesi," imbuhnya.

Rekomendasi mengenai penghapusan BBM jenis premium atau RON 88 pun ditanggapi serius oleh pemerintah dan Pertamina. Hanya, Pertamina meminta waktu dua tahun untuk menghapus bahan bakar primadona tersebut.

"Jadi kepuasan tim itu ya karena itu. Kalau tim ini dibentuk untuk basa-basi, barangkali kita enggak puas," ungkap Faisal.

Kelegaannya tersebut, lanjut dia, juga lantaran hampir 2/3 dari anggota tim yang telah masuk dalam posisi strategis di sektor migas. "Mereka yang siap melaksanakan rekomendasi itu. Jadi, kami berakhir dengan lega," tandasnya.

Baca: ESDM Bubarkan Tim Antimafia Migas
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7187 seconds (0.1#10.140)