Menteri Rini Dorong Semua BUMN Hedging

Kamis, 14 Mei 2015 - 03:20 WIB
Menteri Rini Dorong Semua BUMN Hedging
Menteri Rini Dorong Semua BUMN Hedging
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku akan terus mendorong perusahaan BUMN untuk melakukan lindung nilai (hedging), terutama yang kerap melakukan transaksi dalam bentuk valas.

Rini mengatakan, PLN dan Pertamina melakukan hedging karena dua perusahaan ini melakukan pembelian terus menerus. Namun, BUMN lain juga didorong untuk melakukan hal serupa.

"Terutama Pertamina karena pembelian terus menerus. PLN juga demikian karena pemberiannya dalam USD. Perusahaan BUMN lain sebetulnya juga banyak yang menggunakan USD. Maka kita sarankan hedging dibuat juga agar kita bisa dorong BUMN lain yang punya utang dalam valuta asing ikut hedging," ujar dia di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Selain itu, BUMN farmasi yang bahan bakunya masih menggunakan impor untuk obat juga disarankan melakukan hedging. "Ya kita dorong juga. Tidak terlepas kesiapan perbankan secara menyeluruh. Komitmen dari tiga bank untuk yang USD2,5 miliar kalau kita bisa kita harapkan semuanya hedging. Karena inti menentukan stabilisasi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)