Pemerintah Punya Ruang Perbaiki Sektor Hulu Migas

Jum'at, 22 Mei 2015 - 12:02 WIB
Pemerintah Punya Ruang Perbaiki Sektor Hulu Migas
Pemerintah Punya Ruang Perbaiki Sektor Hulu Migas
A A A
JAKARTA - Pemerintah saat ini masih mempunyai ruang untuk menata ulang seluruh kebijakan, tata cara dan kegiatan yang berhubungan dengan minyak dan gas (migas) terutama sektor hulu. Sebab, sektor hulu adalah ujung awal industri migas dan seluruh bidang ekonomi secara keseluruhan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, kendati kondisi saat ini terbilang sulit, namun tetap harus dihadapi dengan bekerja membangun industri migas.

"Kemarin mungkin kita membaca rating ekonomi Indonesia yang mengalami perbaikan versi S&P. Terutama penyumbang terbesarnya karena pemerintah berani mengambil terobosan besar dengan mengalihkan subsidi BBM ke sektor yang lebih produktif. Ini lah yang menjadi terobosan perbaikan ekonomi ke depan," ujarnya di Jakarta Convension Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Dana Rp200 triliun yang selama ini dialokasikan untuk subsidi BBM, sambung dia, sekarang dialihkan untuk pembangunan infrastruktur. Meskipun dalam waktu dekat belum kelihatan manfaatnya, tapi di masa depan akan sangat luar biasa.

"Bisa kita lihat beberapa bulan terakhir pemerintah mulai mengerjakan proyek-proyek infrastruktur, groundbreaking tol, groundbreaking bendungan, jalan perbatasan, pembangkit listrik, pelabuhan, bandara dan sebagainya," kata Sudirman.

Menurutnya, seluruh proyek infrastruktur tersebut mengarah pada pemenuhan kebutuhan mendasar manusia yang selama ini terlupa dan harus ditingkatkan.

"Jadi ini adalah sinyal bahwa ekonomi Indonesia ke depannya meskipun saat ini dalam keadaan sedikit mengalami tekanan. Tapi di masa depan kita akan sangat luar biasa," pungkasnya.


(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3985 seconds (0.1#10.140)