Raskin Dijamin Tak Bercampur Beras Plastik

Senin, 25 Mei 2015 - 19:10 WIB
Raskin Dijamin Tak Bercampur Beras Plastik
Raskin Dijamin Tak Bercampur Beras Plastik
A A A
DEPOK - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok memastikan jika beras yang diperuntukan bagi warga kurang mampu atau raskin tidak bercampur dengan beras plastik dan aman dikonsumsi.

"Insya Allah aman karena kalau beras raskin itu sebagian besar berasal dari petani langsung, dalam artian Bulog bekerja sama dengan para petani," ujar Kepala BPMK Kota Depok Widyati Riandani di Depok, Senin (25/5/2015).

Dia menjelaskan, raskin didapat dari petani di wilayah Indonesia dan bukan merupakan beras impor. Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan beras plastik di dalam raskin.

"Raskin dan beras plastik itu mudah dibedakan. Raskin warnanya tidak putih, kalau beras plastik itu putih. Disperindag sudah turun ke lapangan beberapa hari lalu," paparnya.

Namun begitu, lanjutnya, antisipasi tetap dilakukan oleh BPMK dengan memberitahukan kepada kelurahan untuk tetap melakukan pengawasan saat pembagian raskin di masing-masing kelurahan.

"Pengawasan sebenarnya telah dilakukan di tingkat kelurahan, baik itu dari segi kualitas dan kuantitas. Namun kami tetap meminta jika pihak kelurahan menemukan ada yang di luar kebiasaan, untuk segera melaporkan ke kami dan kami akan meneruskannya ke Bulog," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemantauan kualitas raskin sebenarnya tidak hanya dilakukan di tingkat kelurahan, namun Bulog juga telah mengantisipasi hal tersebut di tingkat gudang.

"Pengawasan mutu juga telah dilakukan di sana. Jadi, mayarakat penerima raskin tidak perlu khawatir. Saat ini, rumah tangga sasaran (RTS) mencapai 41.103," ungkapnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2406 seconds (0.1#10.140)