Harga Bawang Melonjak, Mentan Tegaskan Tak Ada Impor

Sabtu, 30 Mei 2015 - 00:27 WIB
Harga Bawang Melonjak, Mentan Tegaskan Tak Ada Impor
Harga Bawang Melonjak, Mentan Tegaskan Tak Ada Impor
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah dalam waktu dekat, meski harga komoditas ini melonjak.

"Aman Insya Allah. Beras aman, daging aman. Sudah kita persiapkan sejak awal (tidak ada impor)," ujarnya di MNC Plaza, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Dia mengatakan, keputusan pemerintah untuk tidak melakukan impor bawang merah atau komoditas pangan lainnya adalah untuk melindungi petani lokal. "Impor itu langkah terakhir, kita harus melindungi petani," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kulonprogo melonjak. Dalam sepekan terakhir, harga bawang naik menjadi Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kg dari sebelumnya hanya Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per kg.

"Naiknya itu sedikit-sedikit, tetapi setiap kenaikan langsung naik," ujar Pareng, salah seorang pedagang di Pasar Dekso, Kalibawang.

Menurutnya, bawang merah yang dijual dibeli pedagang asal Muntilan. Setiap hari pasaran, akan datang pedagang ini dan menawarkan kepada para pedagang di pasar Dekso.

Pedagang yang lain, Kasih mengaku akibat kenaikan harga jual berdampak terhadap omzet. Jika sebelumnya dia mampu menjual hingga 50 kg dalam satu hari, kini dia hanya bisa menjual maksimal 20 kg. "Yang beli juga berkurang biasa 1 kg sekarang hanya setengah atau seperempat," katanya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6678 seconds (0.1#10.140)