Aktivitas Manufaktur China Meningkat di Mei

Senin, 01 Juni 2015 - 10:59 WIB
Aktivitas Manufaktur China Meningkat di Mei
Aktivitas Manufaktur China Meningkat di Mei
A A A
BEIJING - Aktivitas manufaktur China meningkatkan pada Mei. Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur berada di 50,2 pada bulan Mei.

Angka itu sejalan dengan perkiraan dalam survei Reuters. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

PMI HSBC China berfokus pada usaha kecil dan menengah alami kontraksi untuk bulan ketiga pada 49,2, tapi di atas bulan sebelumnya pada angka 49,1.

Data itu mendorong reli indeks Shanghai Composite, yang diperdagangkan naik 2,8% pada tengah hari karena investor berspekulasi pada berlanjutnya kebijakan moneter negara itu.

"Kenaikan kedua PMI karena kebijakan propertumbuhan baru-baru ini diluncurkan oleh pemerintah China," kata analis ANZ Research Liu Li-Gang dan Zhou Hao dalam sebuah catatan seperti dilansir dari CNBC, Senin (1/6/2015).

Dia menjelaskan, itu seiring dengan rasio syarat giro wajib minimum (GWM) dan penurunan suku bunga, serta kebijakan memberi kemudahan menerbitkan obligasi korporasi maupun pemerintah daerah.

"Selain itu, regulator perbankan juga memungkinkan bank-bank komersial untuk memperpanjang jatuh tempo pinjaman konstruksi untuk pengembang yang kekurangan uang," ujarnya.

Bank Rakyat China telah memangkas suku bunga tiga kali sejak November tahun lalu dan menurunkan GWM dua kali.

Ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut hanya tumbuh 7% pada kuartal I, laju paling lambat sejak krisis keuangan global. Sementara China menargetkan pertumbuhan hanya sekitar 7% untuk tahun ini.

Analis telah menurunkan proyeksi mereka terhadap laju pemulihan ekonomi China, dengan sebagian besar memperkirakan moderat daripada rebound signifikan pada kuartal II tahun ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7724 seconds (0.1#10.140)