Jelang Ramadan dan Lebaran Jumlah Debitur Meningkat

Rabu, 03 Juni 2015 - 19:42 WIB
Jelang Ramadan dan Lebaran...
Jelang Ramadan dan Lebaran Jumlah Debitur Meningkat
A A A
SEMARANG - Menjelang Ramadan dan Lebaran jumlah debitur bank di Indonesia diperkirakan akan meningkat. Hal ini terjadi karena mereka menambah modal, dan banyak nasabah yang ingin membeli barang.

PJS CEO BNI Wilayah Semarang, Suhardi Petrus mengatakan, sampai saat ini penyaluran kredit di BNI sudah mencapai 97%, dari target yang ditetapkan. Atas capaian tersebut diperkirakan pada Juli mendatang seluruh kredit sudah tersalurkan ke nasabah.

“Menjelang Lebaran biasanya jumlah kredit dan nasabah akan meningkat. Tahun ini target penyaluran kredit sebesar Rp22 Triliun, dan sudah tercapai sekitar 97%,” jelasnya, Rabu (3/6/2015).

Menurut Suhardi, BNI mengandalkan kredit untuk sektor perdagangan, hotel dan restoran. Adapun pengembangan perseroan ke depan membidik sektor ritel untuk kelas menengah ke bawah.

Dia menambahkan, BNI Wilayah Semarang saat ini melakukan penambahan 14 outlet baru yang tersebar di Jateng dan DIY. Saat ini, jumlah outlet yang sudah ada sebanyak 154 outlet.

Khusus untuk kredit konstruksi pada awal tahun ini sedikit mengalami penurunan. Hal ini karena kucuran dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dari pemerintah belum cair.

Di sisi lain, perseroan juga menargetkan pembiyaan perumahan atau kredit kepemilikan rumah (KPR) baik rumah baru maupun rumah seken melalui BNI Griya mencapai Rp2,6 triliun.

Reni Tri Ekawati Head of Consumer and Retail BNI Wilayah Semarang mengatakan, pihaknya optimistis pada tahun ini pembiayaan perumahan akan mengalami pertumbuhan baik.

“Tahun lalu (2014) pembiyaan perumahan sedikit mengalami penurunan, dan sampai awal tahun ini juga belum bergairah. Namun, kami optimistis tahun ini akan tumbuh lebih baik,” terangnya.

Dia menjelaskan, pembiayaan KPR melalui BNI Griya saat ini masih mendominasi penyaluran kredit, yakni mencapai 80%. Sisanya adalah kredit tanpa angunan dan BNI Wirausaha.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)