Bali Pilot Project Energi Bersih

Selasa, 09 Juni 2015 - 09:33 WIB
Bali Pilot Project Energi Bersih
Bali Pilot Project Energi Bersih
A A A
NUSA DUA - Pemerintah berniat menjadikan Provinsi Bali sebagai contoh pelaksanaan program energi bersih. Hal itu dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di antara serangkaian acara Coal Trans di Nusa Dua, Bali, kemarin.

”Saya sudah sampaikan kepada Pak Wagub bahwa Bali akan menjadi proyek percontohan energi bersih,” ujarnya. Menurut Sudirman, hasil pertemuan dengan Wakil Gubernur (Wagub) Bali I Ketut Sudikerta akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana kerja bersama dengan menugaskan Tenaga Ahli Menteri ESDM bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). ”Tenaga ahli dari ESDM ditunjuk Pak William Sabandar, sedangkan Provinsi Bali menugaskan Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM serta Pemerintah Daerah Bali untuk menindaklanjuti rencana pengembangan energi bersih ini,” paparnya.

Sudirman menjelaskan, pemilihan Bali sebagai wilayah percontohan energi bersih karena banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka, penetapannya sebagai wilayah percontohan dapat cepat tersebar dan diikuti wilayah lain. ”Sehingga nanti Bali akan menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain,” katanya. Menanggapi itu, Sudikerta menyambut baik rencana Menteri ESDM karena sejalan dengan visi untuk menjadikan Bali yang clean and green.

”Percontohan energi bersih ini akan dilakukan antara lain melalui pemanfaatan gas untuk pembangkit listrik, pengembangan jaringan gas kota, memaksimalkan energi baru terbarukan dan penerapan prinsip-prinsip energi bersih,” ungkapnya. Dia menambahkan, Bali telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di Kabupaten Karangasem dengan kapasitas 1 MWp On-Grid, PLTS Bangli 1 MWp On-Grid dan 6 Unit PLTS 15 kWp Off-Grid.

”Selain itu, tahun 2014 lalu telah dibangun PLT Biomassa berkapasitas 400 kwh dengan limbah bambu sebagai bahan baku,” ujarnya.

Nanang wijayanto
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9421 seconds (0.1#10.140)