CEO Adaro Jadi Komisaris BEI

Kamis, 11 Juni 2015 - 10:24 WIB
CEO Adaro Jadi Komisaris BEI
CEO Adaro Jadi Komisaris BEI
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi mengangkat Garilbaldi Thohir sebagai komisaris perseroan. CEO Adaro tersebut menggantikan Dwi Soetjiptoyang saatinimenjabatsebagai direktur utama Pertamina.

”Bulan November lalu beliau (Dwi Soetjipto) diangkat menjadi direktur utama Pertamina. Sayangnya, hingga hari ini (kemarin) Pertamina belum juga menjadi emiten sehingga status sebagai direktur emiten tidak terpenuhi,” papar Direktur Utama BEI Ito Warsito seusai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) perseroan di Jakarta kemarin. Dia menuturkan, pemegang saham mencari pengganti kekosongan komisaris dan mengusulkan Pak Boy-sapaan akrab Garilbaldi-ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

”Dia dipilih sesuai dengan usulan anggota bursa selaku pemegang saham dan dia telah lulus dari fit and proper test oleh OJK,” imbuhnya. Sebagai informasi, Boy saat ini menjabat sebagai Chief Executife Officer (CEO) PT Adaro Energy Tbk dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia bisnis batu bara.

”Beliau punya banyak perusahaan, jadi mungkin beliau bisa mengarahkan perusahaannya untuk tercatat di BEI dan dapat memengaruhi rekanannya untuk melakukan IPO di bursa saham kita,” harapnya. Pada 2005 beliau bersama beberapa rekan bisnisnya berhasil mengakuisisi Adaro Indonesia yang semula dimiliki asing. Dengan pengalaman lebih dua puluh tahun di dunia bisnis batu bara, beliau telah memimpin Adaro Energy sampai ke posisi saat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris BEI Garilbaldi Thohir menjelaskan, dia akan memberikan kontribusi yang berkenaan dengan pengalaman sebagai profesional dan enterpreneur. ”Kami sepakat bahwa BEI mempunyai potensi yang besar. Maka, ke depannya perseroan bukan saja bisa menjadi yang besar tapi juga bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara,” jelasnya.

Menurutnya, BEI harus bekerja lebih keras lagi untuk menjaring emiten lebih banyak lagi. Selain menjemput bola, perseroan bisa menumbuhkan pasar investor lokal. Supaya bisa berkompetisi dengan bursa di luar negeri, perseroan pun harus lebih ofensif. ”Kita harus bisa berkunjung ke emiten dan calon emiten dan memberikan gambaran dan manfaat tentang untungnya melepas sahamnya ke publik,” ungkapnya.

Sementara, Komisaris Utama BEI Robinson Simbolon menyambut baik terpilihnya Garibaldi Thohir sebagai Komisaris BEI. Menurut Robinson, Dewan Komisaris BEI akan memastikan BEI melangkah ke arah yang benar.

Arsy ani s
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3967 seconds (0.1#10.140)