Mitsubishi Elevator Menaklukkan Dubai

Rabu, 17 Juni 2015 - 10:17 WIB
Mitsubishi Elevator Menaklukkan Dubai
Mitsubishi Elevator Menaklukkan Dubai
A A A
Meski memproduksi produk elevator dan eskalator di Indonesia, PT Mitsubishi Jaya Elevator & Escalator (MJEE) berhasil memasarkan produknya hingga mancanegara. Beberapa apartemen dan perkantoran di Singapura, Eropa, hingga Dubai menggunakan produk yang diproduksi di Karawang itu.

Kian mahal dan terbatasnya lahan di perkotaan membuat pengembangan rumah mengarah ke vertikal. Rumah dibangun 2-3 lantai untuk tetap dapat memenuhi ruang-ruang yang dibutuhkan terutama keluarga dengan banyak anak. Untuk mempermudah akses dari bawah ke atas penggunaan lift rumah (home lift) bisa dipertimbangkan.

Penggunaan home lift memang belum terlalu populer karena masih banyak yang menganggap lift digunakan hanya untuk bangunan komersial seperti apartemen, mal, atau perkantoran. Padahal, lift bisa juga digunakan untuk bangunan berlantai rendah seperti rumah dan ruko yang jumlah lantainya kurang dari lima.

Lift juga bisa digunakan untuk keperluan khusus misalnya bagi kolektor lukisan dan barang antik untuk mengurangi risiko bila aksesnya harus melalui tangga. Lebih dari itu, lift juga bisa digunakan untuk kalangan lansia maupun penyandang disabilitas untuk berpindah ruang dari bawah ke atas. Home lift tidak membutuhkan ruang khusus untuk mesin alias room less karena mesin lift dipasang di bagian sisi-sisi ruang lift.

Home lift relatif aman, bahkan bila listrik padam lift akan berhenti di lantai terdekat dan pengguna tetap bisa keluar. Di bagian bawahnya juga ada semacam per untuk buffer bila lift meluncur terlalu rendah dengan lantai dasar, intinya untuk penggunaan rumah cukup aman. Home lift dapat digunakan hingga bangunan setinggi 15 meter.

Menurut Presiden Direktur PT MJEE Christian Satrya, pengguna produk MJEE meliputi berbagai pihak mulai dari kontraktor kecil hingga para pengembang besar baik lokal dan multinasional, kantor- kantor pemerintah, hingga kedutaankedutaan besar, hotel bintang tiga hingga bintang enam, dari ruko kecil hingga shopping mall besar, dan gedung-gedung bergengsi, rumah kos, hingga apartemen mewah, dari Aceh hingga Papua.

Selain itu, MJEE juga dipercaya untuk mengekspor hasil produksinya ke sales companies Mitsubishi Elevator di mancanegara, mulai dari Asia Tenggara, Timur Tengah, hingga ke Eropa. ‘’Beberapa gedung dan apartemen di Singapura dan Dubai banyak menggunakan produk kami,’’ ujarnya kepada KORAN SINDO di Jakarta pekan lalu.

Menurut Satrya, industri properti dan konstruksi di Indonesia meningkat tajam dalam lima tahun belakangan ini. Tak hanya di mancanegara, tapi juga di Indonesia. ‘’Kami sebagai penyedia prasarana bagi bangunan-bangunan tersebut tentu saja mengalami peningkatan permintaan,’’ ungkapnya. Tak hanya memperluas pabrik, kata Satrya, PT MJEE juga melakukan investasi membangun training tower untuk mengedukasi para teknisi instalasi dan maintenance elevator.

‘’Training tower tersebut dibuka sejak 2004 dan hingga saat ini merupakan satu-satunya elevator training tower di Indonesia,” tegasnya. Dengan berpegang teguh pada filosofi Quality in Motion, MJEE menempatkan kualitas dan keamanan sebagai elemen terpenting dalam beroperasi.

Anton c
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3905 seconds (0.1#10.140)