Himbara dan Jasa Marga Buka Akses Pembayaran Tol

Sabtu, 20 Juni 2015 - 12:08 WIB
Himbara dan Jasa Marga Buka Akses Pembayaran Tol
Himbara dan Jasa Marga Buka Akses Pembayaran Tol
A A A
JAKARTA - Perbankan milik negara yang tergabung dalam Himbara bersinergi dengan Jasa Marga untuk pembayaran elektronik jalan tol. Pada tahap awal Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI mengimplementasikan pembayaran elektronik di gerbang tol Bali Mandara untuk memudahkan masyarakat pengguna jalan tol.

Peluncuran sinergi pembayaran tol elektronik ini dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Utama Bank BTN Maryono, dan Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim di Benoa, Bali, kemarin.

Melalui sinergi ini, masyarakat dapat membayar tol Bali Mandara menggunakan kartu Mandiri e-money , BNI Tapcash, BRI BRIZZI, dan akan diikuti pula oleh kartu e-money BTN. Saat ini jalan tol Bali Mandara memiliki 20 unit gardu tol di mana enam di antaranya berada di Nusa Dua, tujuh gardu di Ngurah Rai, dan tujuh gardu di Benoa.

Dari total gardu tol tersebut, sebanyak 11 di antaranya adalah gardu tol otomatis (GTO) yang tersebar di Nusa Dua sebanyak 3 gardu, Ngurah Rai sebanyak 4 gardu, dan Benoa sebanyak 4 gardu. Menurut Budi Sadikin, implementasi e-payment tiga bank milik negara ini salah satu realisasi sinergi yang selalu disampaikan Kementerian BUMN sekaligus menjadi langkah awal dalam implementasi epayment tol nasional.

E-payment tol Bank BTN, lanjut Budi, akan dilakukan proses pengembangan terlebih dahulu dan direncanakan baru akan diimplementasikan pada medio Agustus 2015. Bank Mandiri meyakini dengan semakin banyaknya uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol, masyarakat tentu akan semakin mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran tol sehingga mobilitasnya pun semakin optimal.

”Implementasi ini juga untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai,” kata Budi dalam siaran pers kemarin. Dia mengatakan, untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik di jalan tol Bali Mandara pascapeluncuran sinergi epayment ini akan dilakukan pemotongan harga untuk penjualan kartu perdana Mandiri emoney , BRI BRIZZI, dan BNI Tapcash.

Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam menambahkan, pembukaan pembayaran tol secara elektronik ini akan memberikan kemudahan yang lebih besar kepada nasabah BRI, khususnya nasabah yang ada di Bali. Bank BRI sangat yakin mampu menjawab tantangan ini dengan uang elektronik yang dimiliki oleh BRI yaitu BRIZZI. Tidak hanya itu, BRI juga akan melakukan peluncuran satelit yang diperuntukkan bagi industri perbankan di Indonesia yang diberi nama BRISAT.

BRISAT ini kelak akan mampu menjangkau dan memberikan layanan yang luas kepada seluruh wilayah Indonesia, bahkan di beberapa negara ASEAN sehingga teknologi satelit ini nanti mampu menjawab tantangan bisnis global yang semakin pesat tumbuh dan berkembang untuk layanan perbankan yang real time online.

Dia mengungkapkan, BRI sebagai bank yang memiliki jangkauan unit kerja yang sangat luas memastikan akan memberikan layanan optimal kepada semua lapisan masyarakat. Peluncuran satelit yang dilaksanakan pada 2016 akan menjadi momentum emas bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam dunia perbankan karena BRI satu-satunya Bank di dunia yang akan mengoperasikan satelit sebagai bagian dari proses bisnis perbankan.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)