Inflasi Jakarta Kontribusi 20% Inflasi Nasional

Senin, 22 Juni 2015 - 22:40 WIB
Inflasi Jakarta Kontribusi 20% Inflasi Nasional
Inflasi Jakarta Kontribusi 20% Inflasi Nasional
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, tingkat inflasi Provinsi DKI Jakarta berkontribusi hingga 20% terhadap inflasi nasional. Sementara kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jakarta terhadap nasional mencapai 17%.

"Terkait dengan itu, maka analisis ekonomi dan kerja sama yang selama ini dilakukan oleh kantor pusat BI akan dapat lebih dipertajam dengan dibukanya Kantor Perwakilan Provinsi DKI Jakarta," kata dia saat peresmian KPw Provinsi DKI Jakarta, Senin (22/6/2015).

Menurut Agus, pembukaan kantor perwakilan BI Provinsi Jakarta akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan perekonomian DKI jakarta, termasuk dalam pengendalian inflasi dan perumusan kebijakan ekonomi daerah.‎

Berdasarkan kajian terakhir, tekanan inflasi pada tahun ini diperkirakan berada di kisaran 4,5%-4,9% (year on year), jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 8,95%.

"Jadi dalam kesempatan ini, kami ingin menggarisbawahi, pentingnya mempertahankan inflasi pada tingkat yang rendah dan stabil," tukasnya.

Pasalnya, tekanan inflasi rendah berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyakarat. Sejalan dengan itu, pengendalian inflasi di daerah melalui forum Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu didorong untuk mengatasi berbagai permasalahan struktural penyebab inflasi di daerah.

"Kami juga akan mematangkan dan mengimplementasikan strategi pengendalian inflasi Jakarta yang telah disusun dalam roadmap pengendalian inflasi jakarta," jelas dia.

Hal itu bertujuan untuk menuju inflasi Jakarta yang rendah dan stabil melalui reformasi struktural dengan perbaikan infrastruktur dan pembenahan tata niaga.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)