LTE Dorong Aktivitas e-Commerce

Selasa, 07 Juli 2015 - 10:29 WIB
LTE Dorong Aktivitas e-Commerce
LTE Dorong Aktivitas e-Commerce
A A A
MATARAM - PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan komersialisasi layanan 4G LTE (Long Term Evolution) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) kemarin. Teknologi tersebut diharapkan meningkatkan kinerja e-commerce di masa mendatang.

Pada saat bersamaan, pemerintah juga menyerahkan lisensi 4G LTE untuk empat operator lain yakni Indosat, Telkomsel, Tri, dan Smartfren. Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan mengatakan, layanan 4G LTE pada frekuensi 1800 MHz tersebut secara teknis mempunyai keunggulan khusus. Di antaranya memungkinkan akses internet supercepat hingga 100 Mbps.

”XL memiliki hubungan spesial dengan masyarakat Lombok dan NTB pada umumnya. Sejak awal masuk wilayah ini kami seperti berjodoh. Masuk ke sini sebagai pemain nomor tiga, tetapi sejak 2002 sudah jadi nomor satu dengan penguasaan pasar lebih dari 85%,” ujar Ongki saat meluncurkan 4G LTE di Islamic Center, Mataram, NTB kemarin.

Dia menambahkan, infrastruktur jaringan LTE akan lebih leluasa karena disediakan khusus untuk mengakses data. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah sejumlah aplikasi khusus multifungsi, diantaranya VoLTE (Voice over LTE), dan juga Rich Communication Suite over LTE (RCS). Aplikasi ini memiliki beragam fitur antara lain untuk melakukan panggilan, video call, chatting juga berbagi file dokumen dalam kapasitas besar.

Aplikasi ini, kata dia, akan sangat mendukung produktivitas masyarakat, termasuk untuk urusan bisnis, karena akan bisa menawarkan kecepatan pengiriman dokumen dengan file berkapasitas besar. ”Salah satu bukti teknologi LTE bermanfaat bagi masyarakat adalah masyarakat NTB mulai Agustus nanti sudah bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui XL Tunai,” ujarnya.

Setelah Lombok, XL juga akan mengoperasikan LTE di Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Jakarta pada tahun ini. Sementara, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan mengungkapkan, melalui 4G LTE ke depan tren e-commerce bakal lebih meningkat lagi. Karena dengan kecepatan hingga 100 Mbs pengguna dapat mengakses internet dengan sangat cepat.

”Pembayaran pajak melalui ponsel adalah salah satu contohnya,” sebutnya. Sebelumnya XL telah mengoperasikan 4G LTE dengan alokasi di 900 Mhz. Namun, pemanfaatannya terbatas karena masih bercampur dengan 2G. Karena, dikhawatirkan itu akan mengganggu pelanggan 2G.

Di bagian, PT Indosat Tbk menyatakan siap untuk mempercepat menggelar jaringan 4G LTE di seluruh Indonesia sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati teknologi telekomunikasi terkini melalui berbagai layanan yang disediakan. ”Kami telah menghadirkan teknologi 4G-LTE ini melalui layanan Indosat Super 4G-LTE sejak bulan April lalu di Jakarta, Bandung,

Yogyakarta dan Bali, dan segera menyusul kotakota lainnya di seluruh Indonesia dalam beberapa waktu ke depan,” kata Group Head Corporate Communication Indosat Fuad Fachroeddin melalui siaran pers di Jakarta kemarin. ”Komitmen kami untuk menggelar dan mengaktifkan 4G-LTE di seluruh Indonesia merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dengan teknologi terkini, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan,” kata Fuad.

Muh iqbal marsyaf/ ant
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8052 seconds (0.1#10.140)