Gunung Raung Erupsi, 27 Penerbangan Citilink Dibatalkan

Jum'at, 10 Juli 2015 - 12:13 WIB
Gunung Raung Erupsi, 27 Penerbangan Citilink Dibatalkan
Gunung Raung Erupsi, 27 Penerbangan Citilink Dibatalkan
A A A
JAKARTA - PT Citilink Indonesia memutuskan untuk membatalkan sebanyak 27 penerbangan dari/ke Denpasar dan Lombok hari ini, sebagai respon terhadap erupsi Gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur yang mulai mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan di wilayah tersebut.

Direktur Utama Citilink Albert Burhan mengungkapkan, pembatalan mengacu pada pemberitahuan notice to airman (NOTAM) yang dikeluarkan otoritas penerbangan setempat kepada perseroan.

"Dasar kebijakan untuk tidak melakukan operasi penerbangan dari dan ke Denpasar, Lombok adalah demi safety atau alasan keamanan dan keselamatan penerbangan. Bagi Citilink itu hal yang terutama saat ini," kata dia dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Albert mengimbau agar penumpang melakukan perubahan reservasi tiket, dan maskapai berbiaya murah ini juga menyediakan sejumlah pilihan kepada penumpang mulai dari refund (pengembalian uang tiket) secara penuh dan tidak ada potongan, re-route, dan juga reschedule penerbangan para penumpang.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan saat ini terus memonitor perkembangan yang masih berlangsung serta mengintensifkan kerja sama dengan pihak bandara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan instansi terkait lainnya sebagai antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan," jelas dia.

Untuk memudahkan penumpang melakukan refund, re-route dan juga reschedule, sambung Albert, manajemen Citilink menyarankan penumpang untuk menghubungi Call Center di 08041080808, atau Customer Service di bandara setempat.

Perlu diingatkan juga karena kejadian ini merupakan bencana alam dan masuk kategori force majoure atau diluar dugaan sehingga Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No. 77 Tahun 2011 yang mengatur pemberian kompensasi terhadap penumpang akibat penundaan yang diakibatkan maskapai, pihak bandara ataupun kesalahan operasional menjadi tidak berlaku.

"Untuk lebih jelas, detail penerbangan yang terkena dampak dari erupsi Gunung Raung bisa dilihat di website Citilink," pungkasnya.

Adapun 27 rute yang dibatalkan antara lain:

Jakarta-Denpasar (pp)
Surabaya-Lombok (pp)
Surabaya-Denpasar (pp)
Bandung-Denpasar (pp)
Bandung-Lombok (pp)
Balikpapan-Denpasar (pp).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3476 seconds (0.1#10.140)