Semen Tonasa Koreksi Target Produksi

Sabtu, 11 Juli 2015 - 11:45 WIB
Semen Tonasa Koreksi Target Produksi
Semen Tonasa Koreksi Target Produksi
A A A
MAKASSAR - PT Semen Tonasa (Persero) merevisi target produksinya menyusul pergerakan ekonomi nasional yang menurun. Jika sebelumnya menargetkan produksi 7 juta ton, maka di pertengahan tahun ini direvisi menjadi 6,7 juta ton.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa Unggul Attas, seluruh target yang awalnya diharapkan meningkat dilakukan revisi, apalagi terjadi penurunan di semua sektor sekitar 38% hal itu dipengaruhi karena belum adanya pembangunan infrastruktur secara signifikan.

Makanya, pada semester dua diharapkan ada perubahan. "Penjualan di semester ini agak lesu, dan diprediksi pada Agustus penjualan semen kembali bergairah," ujarnya, Jumat (10/7/2015).

Dia menuturkan, Ramadan hingga Lebaran memang tidak ada pergerakan pembangunan secara signifikan, bahkan dapat dikatakan kebutuhan semen di awal semester dua akan lebih jelek dari tahun lalu.

Untuk itu, saat ini terus diupayakan peningkatan distribusi termasuk berencana membangun pabrik baru di kabupaten Gowa dengan kapasitas produksi tiga juta ton.

Sementara, Direktur Komersial PT Semen Tonasa Tri Abdisatrijo memaparkan, dari sisi permintaan semen secara nasional mengalami penurunan sampai Juni sekitar 3,3%, khusus di Kawasan Timur Indonesia (KTI) terjadi penurunan permintaan sekitar 3%.

"Permintaan menurun dipengaruhi perlambatan ekonomi dan pembangunan yang belum jalan. Dan kondisi ini diluar perkiraan," paparnya.

Untuk mendorong peningkatan permintaan terus dilakukan perkuatan pasar, dengan membina chanel distribusi demi mempelajari keinginan pasar.

Tri menjelaskan, sampai Juni pertumbuhan permintaan hanya tumbuh 0,2%, dengan posisi market share 39,2% dari sebelumnya 28,8%. "Sudah dilakukan revisi rencana kerja perusahaan, penerapannya dimulai setelah Lebaran atau Agustus," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5619 seconds (0.1#10.140)