Ekonomi Melemah, Kebijakan Pemerintah Tidak Efektif

Minggu, 12 Juli 2015 - 21:10 WIB
Ekonomi Melemah, Kebijakan Pemerintah Tidak Efektif
Ekonomi Melemah, Kebijakan Pemerintah Tidak Efektif
A A A
JAKARTA - Direktur Institute For Economic and Social Research, I Kadek Dian Sutrisna Artha mengatakan, pemerintah belum mengkomunikasikan dengan baik kebijakan-kebijakan untuk mengantisipasi pelemahan ekonomi yang terjadi di Tanah Air. Kebijakan yang tidak efektif ini menimbulkan kesan pemerintah santai menghadapi pelemahan ekonomi.

Menurutnya, kondisi tersebut dirasakan masyarakat meski pemerintah sudah melakukan kebijakan-kebijakan yang diperuntukkan domestik.

"Jadi, memang saya lihat di dalam mengantisipasi, atau menghadapi masalah yang ada sebenarnya pemerintah sudah lakukan kebijakan-kebijakan, tapi saya rasa tidak dikomunikasikan dengan baik. Belum maksimal," Kadek Dian kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (12/7/2015)

Terutama, lanjut dia, masalah mengenai kepercayaan pasar. Padahal, misalnya pemerintah sudah mengeluarkan policy seperti penghapusan PPNBM untuk beberapa produk, kemudian policy lain yang mendukung konsumsi.

"Itu enggak dikomunikasikan dengan baik. Sehingga pasar harus membaca, kira-kira ini dampaknya apa? Meraka harus meraba. Orang menduga-duga, akhirnya tidak efektif policy-nya karena tujuan enggak ketangkep," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengemukakan, investasi yang bisa menjadi andalan pertumbuhan ekonomi juga tidak tercapai karena arah kebijakan pembangunan kurang jelas dan ekonomi internasional menurun.

Menurut HT, banyak konsep-konsep disampaikan hanya sebatas wacana dan pencitraan, dan tidak menyentuh solusi yang dibutuhkan bangsa.

Jika pemerintah tidak hati-hati, target pembangunan pasti tidak akan tercapai. Akan banyak PHK, daya saing nasional menurun dalam menghadapi MEA, serta menurunnya kualitas hidup masyarakat golongan ekonomi lemah, seperti usaha mikro/kecil, petani, nelayan, buruh dan pengangguran yang meningkat.

"Indonesia perlu solusi yang tepat sasaran dan dilakukan dengan cepat. Jangan anggap remeh situasi saat ini," tandas HT.

Baca juga:

HT Ingatkan Pemerintah Jangan Remehkan Ekonomi Lesu

Ekonomi Melemah, Pengusaha Akui Terjadi PHK Massal

Ini Penyebab Pertumbuhan Ekonomi RI Melempem
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)