Santai dan Tidur Lebih Nyaman di Sofa Bed

Rabu, 15 Juli 2015 - 08:02 WIB
Santai dan Tidur Lebih Nyaman di Sofa Bed
Santai dan Tidur Lebih Nyaman di Sofa Bed
A A A
Makin terbatasnya ruang yang tersedia membuat pemilik rumah harus pintar mencari akal untuk memanfaatkan ruang yang ada.

Salah satu siasat yang dapat dilakukan dengan menggunakan furnitur multifungsi, salah satunya sofa bed. ”Sofa bedadalah sofa yang dapat digunakan untuk duduk sekaligus tidur. Furnitur ini memiliki banyak fungsi dan paling gampang ditemukan, baik di pusat perbelanjaan, toko furnitur, maupun di toko online,” ungkap desainer interior Susan Octari Yawhan. Saat ini terdapat dua model sofa bed. Pertama adalah model lipat atau yang biasa disebut click-clack.

Pada model ini bagian sandaran sofa dapat direbahkan hingga membentuk tempat tidur. Model kedua adalah sofa bedyang sepintas bentuknya mirip sofa biasa, tapi di kolongnya terdapat kasur yang bisa ditarik hingga akhirnya membuat sebuah tempat tidur. Model kedua ini sangat cocok bila diletakkan di ruang keluarga. Lalu, bagaimana memilih sofa bed yang tepat?

Sebelum membeli furnitur ini Anda harus tahu dulu kebutuhannya. Ada baiknya tentukan dulu apakah sofa bedini akan Anda pakai sendiri, berdua, atau ramai-ramai. Banyaknya orang yang menggunakan sofa bedakan memengaruhi ukuran sofa bedyang ingin Anda beli itu. ”Sekarang sudah banyak tersedia sofa bed berukuran kecil, yang hanya bisa menampung satu orang, hingga sofa bed yang cukup menampung tiga orang. Jika kebutuhannya untuk bisa menampung banyak orang, sebaiknya membeli sofa bed yang dapat memuat dua sampai tiga orang,” ujar Susan.

Dimensi ruang yang tersedia juga berpengaruh terhadap pemilihan sofa bed. Tidak seperti sofa biasa, sofa bedbutuh ruang ekstra ketika dia dibuka dan dijadikan tempat tidur. Karena itu, sebelum membeli ukur dengan benar tempat yang bakal Anda gunakan untuk meletakkan sofa bed. Saat berada di toko bukalah sofa bed hingga terbuka seluruhnya sehingga Anda dapat memperkirakan apakah sofa tersebut muat diletakkan di ruangan Anda. Seperti halnya sofa, pilihan bahan pelapis (upholstery) untuk sofa bedcukup banyak.

Ada sofa bed berbahan pelapis fabric(kain), suede, oscar, hingga kulit. Jika pada sofa biasa Anda dapat leluasa memilih bahan, tidak demikian dengan sofa bed. Mengingat sofa ini akan dipakai untuk tidur, Anda sebaiknya memilih jenis pelapis yang nyaman seperti polyester.Bahan tersebut cukup kuat, tidak panas, dan tidak mudah sobek.

”Kita juga bisa menggunakan bahan kulit untuk sofa bed, tapi bahan kulit asli cukup mahal. Jadi, sebaiknya pilih jenis kulit imitasi. Kulit imitasi sangat mudah dibersihkan dan cukup kuat, tapi kekurangan bahan ini adalah cepat panas sehingga lebih cocok jika ditempatkan di dalam ruangan ber-AC,” tutur Susan. Lantaran akan dipakai untuk duduk dan tidur, sofa bedmesti tahan lama. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah strukturnya.

Umumnya sofa bedjenis clickclackstrukturnya dibuat dari besi, sedangkan jenis lain terbuat dari kayu. Apa pun bahan yang bakal Anda pilih sebaiknya pastikan strukturnya cukup kuat untuk menampung bobot tubuh Anda. Bagaimana tertarik untuk memberikan nuansa baru di ruang keluarga Anda dengan kehadiran sofa bed?

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1907 seconds (0.1#10.140)