Cerdas Memilih Desain untuk Rumah Minimalis

Rabu, 15 Juli 2015 - 08:14 WIB
Cerdas Memilih Desain...
Cerdas Memilih Desain untuk Rumah Minimalis
A A A
Memiliki rumah dengan luas terbatas, janganlah berkecil hati. Melalui penataan interior yang cerdas, rumah minimalis Anda pun tetap bisa tampil cantik dan apik.

Dalam sebuah rumah, idealnya perancangan ruang dalam dilakukan secara beriringan dengan bangunan sebagai wadahnya. Keduanya saling melengkapi, sehingga menghasilkan desain yang seutuhnya.

Tentunya, kebutuhan dan kebiasaan serta gaya hidup penghuni, menjadi hal mendasar yang harus di pertimbangkan dalam sebuah perancangan hunian minimalis. Lantas, bagaimana jika tata ruang dalam baru kita pikirkan setelah bangunan rumahnya siap? Sebagai contoh adalah ‘rumah jadi’ yang di beli dari pengembang di suatu wilayah tertentu. Nah, disinilah tantangan yang ditemukan. Bagi para arsitek dan desainer interior, mendandani interior sebuah rumah minimalis tentu bukanlah hal yang sulit.

Namun, bagi orang awam, bisa jadi ini sebuah pekerjaan yang tidak mudah. “Problem umum yang kerap dijumpai saat ingin menata rumah bergaya minimalis adalah minimnya ide mendekorasi. Keberadaan ruang-ruang yang ada tak jarang membuat mati langkah, sehingga tampilan rumah tampil seadanya. Padahal rumah dengan desain apapun harus tetap tampil nyaman bagi penguninya,” ungkap desainer interior Rina Renvil.

Rina pun menambahkan, untuk rumah dengan desain minimalis hal utama yang harus dipertimbangkan dalam menata interiornya adalah soal pemilihan warna, furnitur, soft furnisihing, serta pengolahan dinding untuk mendapatkan ambienceyang menyenangkan. Meski penggunaan bult-in furnitur diketahui menjadi solusi yang tepat untuk memaksimalkan ruang minimalis, namun hal tersebut tidak lantas diaplikasikan secara menyeluruh, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Anda pun bisa memilih loose furnitur yang pas dipadankan dalam rumah minimalis Anda.

Selain untuk menghemat anggaran Anda, loose furnitur juga lebih fleksibel. Jika suatu saat Anda merencanakan untuk pindah, loose furnitur juga tetap bisa digunakan di rumah baru, hal ini sangat berbeda dengan built-in furniture. Meski terkendala dengan masalah ruangan, ruang tamu di rumah minimalis harus tetap dipertahankan. “Penataan ruang tamu di rumah minimalis bisa dengan meletakkan dua buah single chair dan sebuah side table. Sedangkan untuk warna, pemilihan warna bau-abu dipadukan dengan warna putih bisa terlihat dinamis dan terkesan lapang,”saran Rina.

Untuk membedakan antara ruang yang satu dengan yang lainnya, penggunaan partisi tetap bisa diaplikasikan. Partisi berfungsi membatasi ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan. Sedangkan untuk pemilihan warna, putih dan bagu-abu masih bisa Anda pilih, pemilihan warna ini bisa Anda tampilkan lewat pemilihan kursi makan, gordyn dan hiasan dinding lainnya. Demikian pula untuk panel teleevisi, yang masih mengusung tema senada.

“Di ruang televisi atau ruang keluarga kita bisa memadukan bahan material plywood, wallpaper, dan cermin dalam panel dinding yang terkomposisi menjadi bentuk yang dinamis,” kata Rina. Bila memungkinkan untuk Anda memberikan halaman di belakang rumah, Anda bisa menata ruang makan yang langsung berhadapan dengan halaman belakang. Sehingga membeerikan kesan yang luas di ruang makan Anda serta sirkulasi rumah minimalis Anda pun bisa mengalir dengan baik.

“Yang harus diingat dalam penataan ruang minimalis yaitu penataan harus dilakukan secara bertahap, kita juga harus cerdas dalam memilih desainnya,” tutup Rina. Jadi, bersiap untuk menata ulang rumah minimalis Anda agar tidak memberikan suasana bosan di dalamnya.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0607 seconds (0.1#10.140)