Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut

Rabu, 15 Juli 2015 - 09:12 WIB
Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut
Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut
A A A
JAKARTA - Laju pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diprediksi akan berlanjut.

"Seperti yang biasanya terjadi, pasca pengumuman BI rate, di mana pelaku pasar telah mem-price in level BI rate maka mulai cenderung melepas rupiah," kata analis NH Korindo Securities Reza Priyambada, Rabu (15/7/2015).

Apalagi, dia menambahkan, laju USD kembali menguat sehingga perlu di waspadai adanya potensi pelemahan lanjutan. Karena itu, dia menyarankan untuk tetap antisipasi dan cermati setiap sentimen yang dirilis.

Reza memprediksi, rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) berada pada kisaran Rp13.325-Rp13.315/USD.

Kemarin, laju rupiah melemah karena kekhawatiran akan keluarnya Yunani dari zona Eropa dan tidak tercapainya kesepakatan dana talangan mulai berkurang.

"Meski kembali muncul berita dari Yunani yang dihadapkan pada utang jatuh tempo IMF, namun tampaknya tidak terlalu direspon negatif karena pelaku pasar memiliki persepsi utang tersebut akan dimasukan dalam kesepakatan dengan IMF, sehingga akan berbarengan penyelesaiannya," tutur dia.

Dengan meredanya kekhawatiran di zona Eropa, dia mengatakan, perhatian pelaku pasar teralihkan ke sentimen The Fed. Akibatnya laju USD kembali menguat dan berimbas pada pelemahan rupiah.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6459 seconds (0.1#10.140)