Pengusaha Bongkar Muat Sebut Pelindo Bertanggung Jawab

Kamis, 16 Juli 2015 - 19:26 WIB
Pengusaha Bongkar Muat...
Pengusaha Bongkar Muat Sebut Pelindo Bertanggung Jawab
A A A
JAKARTA - Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI), Bambang K Rahwardi menyatakan, pihaknya tidak terlibat sama sekali terhadap keterlambatan dwelling time (waktu bongkar muat) yang beberapa waktu lalu menjadi permasalahan. Mereka menyebut Pelindo sebagai pengelola yang paling bertanggung jawab.

Menurut Bambang, bongkar muat hanya sampai pada kegiatan dari dan ke kapal (receiving and delivery). Dwelling time tidak berdiri sendiri, banyak pihak yang terlibat di dalamnya sehingga membutuhkan banyak dokumen. Kebutuhan dokumen itu, urusannya bukan di bongkar muat.

"Kalau dwelling time itu kan enggak berdiri sendiri. Dwelling time yang di pelabuhan utama, kalau bongkar muat enggak ada masalah. Katakanlah yang jadi persoalan kemarin kan kontainer, nah kontainer, perusahaan bongkar muat itu kerjaannya cuma dari dan ke kapal (receving dan delivery). Jadi begitu kapal sandar yang dikerjakan. Soal dokumen selesai atau enggak, ya itu bukan urusan kita," kata Bambang kepada Sindonews di Jakarta.

Artinya, lanjut dia, bukan urusan perusahaan bongkar muat. Kenapa ketika ada kapal sandar langsung dikerjakan? Karena yang dikerjakan pihaknya adalah bongkar daerah pabean.

"Impor ekspor juga gitu. Jadi, kalau dari kami enggak ada persoalan. Jadi, kalau ada dwelling time, lho ini bukan ada di posisi kita. Pihaknya, di sana ada Bea Cukai, Badan Karantina, Pelindo, yang paling bertanggung jawab itu harusnya adalah operatornya. Operatornya ya Pelindo," pungkasnya.

Baca juga:

Ini Alasan Bea Cukai Sebabkan Lamanya Dwelling Time

RJ Lino Tidak Terima Disalahkan Soal Dwelling Time

Pelindo II sejak Dulu Terkenal Lelet dalam Pelayanan
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0657 seconds (0.1#10.140)