Rupiah Lumpuh, Dunia Usaha Terancam

Kamis, 23 Juli 2015 - 20:08 WIB
Rupiah Lumpuh, Dunia Usaha Terancam
Rupiah Lumpuh, Dunia Usaha Terancam
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) pada tahun ini belum mampu bangkit dari keterpurukan. Jika kondisi rupiah terus lumpuh dunia usaha di Tanah Air terancam.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menyatakan, kondisi nilai tukar rupiah yang rapuh membahayakan dunia usaha.

"Kalau dibiarkan tentu akan mngganggu dunia usaha. Untuk emiten juga kurang lebih sama. Kalau exposure biaya yang USD besar tentu akan terasa dampaknya," ujar Reza melalui pesan singkat kepada Sindonews di Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Sementara pada sektor usaha seperti industri jasa keuangan harus dilakukan pengecekan lagi. Apakah ada transaksi dengan USD atau tidak?

"Untuk sekuritas misalnya, harus dicek dulu. Ada atau tidak transaksi dengan USD. Kalau tidak ada transaksi USD mungkin tidak akan kena dampak besar," jelas Reza.

Di sisi lain, untuk penempatan dana investasi, seperti deposito akan mendapatkan keuntungan. Pasalnya nilai tukar USD meningkat. "Jadi harus dilihat dulu situasi dan kondisinya," tandasnya.

Baca juga:

Rupiah Berakhir Tersungkur ke Level Rp13.435/USD

HT: Penguatan Rupiah Tergantung Fundamental Ekonomi

HT: Tidak Ada Teori Rupiah Menguat Itu Buruk
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6659 seconds (0.1#10.140)