Buat si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Rabu, 05 Agustus 2015 - 09:01 WIB
Buat si Kecil Tidur Lebih Nyenyak
Buat si Kecil Tidur Lebih Nyenyak
A A A
Layaknya orang dewasa, aktivitas tidur merupakan salah satu kebutuhan anak-anak demi menunjang pertumbuhannya. Pemilihan tempat tidur dan kasur yang tepat akan melengkapi kebutuhan itu. Tempat tidur yang nyaman akan membuat anak merasa rileks.

Tidak seperti memilih ranjang untuk orang dewasa, memilih tempat tidur yang tepat untuk anak merupakan satu keputusan yang sulit. Selain para orang tua harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak, variasi model tempat tidurnya pun lebih sedikit dibandingkan dengan tempat tidur untuk orang dewasa.

“Tempat tidur merupakan kebutuhan kedua yang harus diperhatikan setelah kita selesai memilih desain kamar tidur anak. Furnitur satu ini sangat menentukan proses rileksasi anak saat beristirahat di dalam rumah,” ungkap desainer interior Susan Octari Yawhan.

Variasi tempat tidur anak sering kita jumpai dalam berbagai bentuk, seperti mobil ataupun tokoh kartun tertentu yang mungkin disukai oleh buah hati Anda. Tempat tidur dengan bentuk yang lucu memang sangat digemari anakanak.

Namun, penggunaannya tidak akan bertahan lama karena anak mengalami pertumbuhan yang cepat dan merasa tidak cocok lagi dengan variasi tempat tidur seperti itu sehingga lebih terkesan mubazir.

“Untuk pemilihan material ranjang yang tepat, kayu masih menjadi bahan baku yang paling aman untuk dijadikan ranjang anakanak, terutama kayu jati dan kayu oak,” kata Susan. Tubuh anak akan cepat berkembang sehingga Anda harus mempertimbangkan ukuran kasur yang tepat berdasarkan jangka waktu pemakaian kasur tersebut.

Apakah kasur itu bakal digunakan dalam jangka waktu yang singkat atau cukup lama? “Selain ukuran, mencari kasur yang nyaman dan berkualitas bisa dilakukan dengan memilih berdasarkan merekmerek yang sudah terjamin. Tujuannya agar anak bisa menikmati tidur yang berkualitas juga,” ujar Susan.

Selain itu, memilih tempat tidur anak yang tepat harus disesuaikan dengan ruang kamar tidur si anak. Hal tersebut sangat penting. Di samping untuk menunjang kelapangan, juga bisa memberikan ruang gerak yang cukup ketika si kecil bermain di dalam kamarnya.

“Ukuran single bed 39x75 inci atau sesuai dengan standar tempat tidur anak, yaitu 100x200 cm, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk si kecil,” kata Susan. Usahakan untuk tidak memilih tempat tidur bertingkat agar anak memiliki privasi sendiri-sendiri.

Dengan memilih tempat tidur anak yang tepat akan membuat anak merasa nyaman dan betah ketika tidur, serta menjadikan aktivitas mereka kian menyenangkan selama berada di dalam kamar. Terakhir, mungkin terdengar sepele, tapi Anda juga harus melibatkan si kecil dalam memilih tempat tidur yang dia inginkan.Jangan sampai mereka tidak nyaman untuk beristirahat total karena tak menyukai tempat tidurnya.

Aprilia S Andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9909 seconds (0.1#10.140)