Mandiri Tingkatkan Bisnis Luar Negeri

Kamis, 06 Agustus 2015 - 10:11 WIB
Mandiri Tingkatkan Bisnis Luar Negeri
Mandiri Tingkatkan Bisnis Luar Negeri
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri (persero) Tbk terus menggenjot bisnis di luar negeri, salah satunya ke Malaysia. Perseroan menargetkan akan membuka delapan kantor di Malaysia dalam bentuk anak usaha.

Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan, saat ini rencana tersebut masih dalam proses. Perseroan sedang melobi Otoritas perbankan Malaysia yang meminta persyaratan terhadap Bank Mandiri, salah satunya soal modal.

”Saat ini sedang proses. Minimal ada delapan targetnya. Bentuknya subsidiaritas company . Indonesia dianggap negara asing, jadi syaratnya harus punya modal 300 juta ringgit, kita inginnya itu bisa dicicil dalam 5 tahun sesuai perkembangan bisnis,” ujar Hery di Jakarta kemarin. Hery mengatakan, agar bisa membangun kantor di Malaysia, paling tidak punya modal 300 juta dolar ringgit untuk setiap kantor.

Dia menambahkan, pihaknya ingin Malaysia bisa memperlakukan perbankan Indonesia sebagai bank lokal bukan asing seperti halnya Indonesia memperlakukan bank-bank asing yang ada di sini. ”Kita sudah agak lama punya hubungan dengan bank Malaysia. Di Indonesia bank asing di-treat sebagai bank lokal, kita juga ingin seperti itu di sana,” ujarnya. Ekspansi lainnya, lanjut dia, Bank Mandiri yang berhasil menggandeng Marina Bay Sands melakukan kerja sama untuk mendorong transaksi kartu kredit di luar negeri.

Singapura menjadi strategis karena tujuan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Selain itu, Singapura merupakan negara luar nomor satu pengguna kartu kredit Bank Mandiri. ”Ada sekitar 350.000 card holder atau sekitar 9% dari total pemegang mandiri kartu kredit yang melakukan transaksi face to face cross border. Jumlah ini meningkat sebesar 7,5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kami optimistis dapat mencapai target pertumbuhan transaksi saat ini yaitu pada kisaran hingga 23%,” katanya.

Hery memaparkan, sepanjang semester I/2015, transaksi kartu kredit di Bank Mandiri nilainya mencapai Rp15 triliun, meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp12 triliun. Peningkatan transaksi tersebut didorong oleh pertumbuhan jumlah kartu kredit Bank Mandiri.

Saat ini jumlah kartu kredit Bank Mandiri yang beredar ada sebanyak 3,82 juta. Selain itu, karena jumlah kartu kredit, peningkatan tersebut juga disebabkan banyak program menarik yang ditawarkan pihak bank kepada nasabah.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7721 seconds (0.1#10.140)