Pagar Cantik Berbalut Tanaman

Rabu, 12 Agustus 2015 - 09:09 WIB
Pagar Cantik Berbalut Tanaman
Pagar Cantik Berbalut Tanaman
A A A
BOSAN dengan tampilan pagar yang begitu-begitu saja? Berbagai jenis tanaman berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menghias pagar supaya indah sekaligus memberikan nuansa nan alami.

Selain menjadi pengaman rumah, pagar dapat berfungsi sebagai identitas hunian kita. Hal ini yang membuat banyak orang membangun pagar seunik mungkin, tujuannya untuk memudahkan orang lain mengenali rumah sekaligus meninggalkan kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk membuat pagar rumah unik adalah dengan memberikan tanaman di sekitar pagar. Kehadiran tanaman bakal menciptakan suasana alami sekaligus memberikan manfaat bagi pemilik rumah. Misalnya, menanam bambu sebagai penutup pagar, akan mengurangi suara bising dan menyaring debu agar tidak masuk ke rumah.

Menurut arsitek lanskap Herlin Wibowo, ketika ingin menghadirkan tanaman untuk pagar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya pemilik rumah harus memilih tanaman sesuai suhu lingkungan sekitar serta model pagar yang dimiliki. ”Ada beberapa tanaman pagar yang bisa hidup di tempat panas, tapi tidak dapat berbunga dengan indah seperti pada tempat dingin,” tutur Herlin. Tanaman untuk pagar juga terdiri atas berbagai pilihan.

Anda bisa menanam tanaman sebagai pembatas menggunakan tanaman rambat sebagai penutup pagar atau menutup tembok dengan tanaman rambat misalnya daun dolar. Bisa dibilang tanaman rambat adalah jenis tumbuhan favorit yang digunakan untuk menghias bagian luar rumah. Biasanya tanaman rambat digunakan pada kanopi dan pergola. Untuk pagar, ada beberapa jenis tanaman rambat yang bisa digunakan sebagai penutup.

Tanaman rambat yang berbunga cantik biasanya menjadi pilihan penutup pagar, misalnya alamanda, air mata pengantin, dan melati belanda. Selain memiliki bunga yang indah, tanaman rambat tersebut juga cocok ditanam pada daerah panas seperti Jakarta dan sekitarnya. Masa berbunga tanaman rambat berbeda-beda. Alamanda dan air mata pengantin adalah beberapa contoh tanaman rambat yang rajin berbunga. Menurut Herlin, kondisi cuaca dan iklim ikut menentukan seberapa sering bunga itu muncul.

Ketika tanaman hias ”malas” berbunga, selain rutin menyiram, Herlin menyarankan untuk memberikan pupuk jenis NPK pada tanaman tersebut agar lebih rutin berbunga. ”Pupuk NPK diberikan paling tidak satu bulan sekali,” ujar Herlin. Sebelum menanam tanaman rambat sebagai penutup pagar, ada sedikit tips yang bisa Anda ikuti.

Jika pagar yang Anda miliki berukuran besar, Herlin menyarankan untuk menggunakan tanaman rambat berdaun lebar, seperti alamanda dan tanaman passiflora. Sebaliknya, jika pagar berukuran kecil, gunakan jenis tanaman rambat dengan daun serta bunga yang kecil, seperti air mata pengantin dan melati belanda.

Hal ini dilakukan agar tanaman tampilan lebih seimbang sehingga pagar tampak cantik. Harga tanaman rambat mulai Rp30.000 sampai Rp50.000. Jika rumah Anda berada di kluster perumahan dan pengembang tidak memperkenankan membangun pagar di sekitar rumah, Anda dapat menggunakan tanaman sebagai pembatas. Beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pakai sebagai pembatas, antara lain pohon teh-tehan, soka, kembang sepatu, kaca piring, atau yang saat ini sedang diminati, yaitu pucuk merah.

Aprilia S Andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2893 seconds (0.1#10.140)