Sejuknya Hunian Tropis Modern

Rabu, 12 Agustus 2015 - 09:23 WIB
Sejuknya Hunian Tropis Modern
Sejuknya Hunian Tropis Modern
A A A
Rumah dengan konsep desain tropis memang tengah booming belakangan ini karena sangat cocok diterapkan diIndonesia.

Konsep hunian tropis dicirikan dengan desainhunian yang memiliki selasar yang cukup lebar,beratap miring, setiapruangan memiliki bukaan memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari sertasirkulasi udara yang baik.

Mewabahnya perumahan baru yang menerapkan konsep hunian modern tropis memangbisa dipahami. Pemanasan global telah menginspirasi arsitek dan pengembanguntuk berinovasi dan menghadirkan hunian yang relatif adaptif denganlingkungan. Karena itu, hunian dengan tema kembali ke alam pun banyakhadir di tengah-tengah Anda.

Rumah model ini secara cerdas memadukan arsitektur tradisional yang beradaptasidengan iklim tropis dan dikembangkan sesuai kebutuhan dan tatananhidup masyarakat modern. Bahkan arsitektur modern tropis bisadikatakan simbol modernitas baru yang memiliki nilai estetika khas bangunantropis yang modern.

Yakni ramah lingkungan tropis, trendi, keabadianmodel bangunan, baik dari segi desain maupun seni, serta benar dari aspekkebutuhan, iklim, fungsi, dan lingkungan sekitar. Rudy Dewanto, arsitekpemilik MerraMaroon Studio menyebutkan, sirkulasi udara yang baik merupakankunci untuk mendapatkan rumah tropis yang tak pengap dan panas.

Artinya, rumah harus memiliki bidang yang ada lubangnya. Arah bukaan hendaknyamenyilang terhadap ruangan. Dulu, orang sering menyediakan ventilasi bawah yangberjarak sekitar 20 cm dari lantai. Belakangan, cara ini mulai ditinggalkan. Padahal secara prinsip, ventilasi bawah memang efektif.

Udara panas didesak ke atas hingga penghuni rumah tidak terlalu gerah. “Supayatidak menjadi jalan tikus, bisa diberi kasa,” tuturnya. Masih menyangkut ventilasi,lanjut dia, luas bidang bukaan juga mempengaruhi panas tidaknya ruangan. Luasruangan harus dipertimbangkan saat akan membuat jendela dan kisi-kisinya.

Meskipun sebenarnya ada hitungan khusus untuk menentukan luas bukaan ventilasi,bisa dirata-rata bahwa setidaknya tinggi ventilasi sekitar 30 cm dan lebarsesuai lebar jendela. Jika memungkinkan bisa dipasang ventilator di atap jugadiperlukan untuk mengurangi panas ruang. Ventilator bekerja untuk memperlancar sirkulasi udara di bawah atap.

Alat inidipasang di atas plafon, di bawah atap. “Kadang alat ini tetap diperlukan padaruangan ber-AC. Jika tidak, AC akan bekerja lebih berat. Soalnya, hawa atasruang sangat panas,” kata Rudy. Anda juga bisa meletakkan tanaman di dalamrumah. Selain pemasangan AC, peletakan tanaman di dalam ruang juga dapatmembantu penyegaran hawa dalam ruang.

Oksigen yang dihasilkan dari prosesfotosintesis pada tanaman dijamin membuat ruangan terasa lebih sejuk pada sianghari. Tentunya, tanaman yang dipilih mestilah serasi dengan ruangan. Salah satuhunian yang mengusung konsep ini adalah The Ayoma Apartment. Hunian vertikal ini merupakan besutan PT PP (Persero) Tbkmelalui anak usahanya PT PP Properti. The Ayoma mempertahankan konservasirestoran Pecel Madiun, Serpong.

Dengan investasi sebesar Rp500 miliar yangmenyatu dengan keteduhan dan rindangnya pohon-pohon di restoran area PecelMadiun sengaja dikembangkan dengan nuansa alam, unik, kreatif, dan prospektif. Pengembang bersedia mempertahankan lingkungan sealami mungkin dan menyediakanruang terbuka hijau (RTH) lebih dari 30% sesuai amanat UU 26/2007 tentangPenataan Ruang Pasal 29 dan 30.

Nurjaman, Project Manager The Ayoma ApartmentPT PP Properti menuturkan, dengan tagline“Beyond Space”, pihaknya tidak sekadar menciptakan konsep arsitektur dan desainruang bagi sebuah hunian, tapi lebih dari itu. “Kami berusaha agar setiap bangunan yang diciptakan dapat menjadi tempatyang nyaman, menyelaraskan kehidupan dengan alam di sekitarnya, dan membuatpenghuninya menjadi sehat lahir dan batin,” sebutnya.

Penghuni The Ayoma Apartment dimanjakan dengan beragam fasilitas penunjang,yakni minimarket, laundry, jajanan kuliner khas Indonesia,kids day care, thematic garden, study, atau library hall, playground,infinity pool sepanjang 40 meter, joggingtrack, bike track, gym, clinic, atm centre, sky lounge, cinema theatre, hotelservice, dan grand lobby.

Rendra Hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4414 seconds (0.1#10.140)