Jokowi Diminta Tambah Kewenangan Menko

Kamis, 13 Agustus 2015 - 22:27 WIB
Jokowi Diminta Tambah Kewenangan Menko
Jokowi Diminta Tambah Kewenangan Menko
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Yustinus Prastowo mengatakan, sebaiknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah kewenangan untuk menteri-menteri koordinator (menko) agar mereka bisa men-direct menteri-menteri di bawahnya.

Menurutnya, siapapun menterinya, harus diberi kewenangan sedikit supaya setidaknya menko bisa menjadi pemimpin untuk melancarkan proyek pemerintah.

"Memang, saya kira kalau yang ditunjuk menko itu orang-orang berpengalaman, jadi enggak diragukan kemampuan berkoordinasi di Kemenko. Yang jadi persoalan, siapapun orangnya yang akan jadi menko tanpa menambah kewenangan di Kemenko akan jadi sedikit persoalan mungkin karena enggak terlalu efektif. Karena mereka enggak punya kewenangan langsung men-direct menteri-menteri di bawahnya. Itu akan timbulkan masalah," katanya kepada Sindonews di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Jadi, lanjut dia, lebih baik Jokowi melakukan reshuffle dengan melakukan penambahan kewenangan atau memperjelas fungsi dan tanggung jawab dari menteri koordinator.

"Karena selama ini kan sifatnya koordinatif. Kalau mereka dikasih penambahan kewenangan kan setidaknya mereka tidak hanya mengkoordinir, tapi malah bisa jadi tim leader untuk project sektoral," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8039 seconds (0.1#10.140)