BSM Gandeng JIEP Bangun Halal Food di Pulo Gadung

Selasa, 18 Agustus 2015 - 06:31 WIB
BSM Gandeng JIEP Bangun Halal Food di Pulo Gadung
BSM Gandeng JIEP Bangun Halal Food di Pulo Gadung
A A A
JAKARTA - Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung (JIEP) membangun Modern Halal Food alias makanan halal modern di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta. Pembangunan JIEP Modern Halal Food ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman pada Juli 2015.

JIEP adalah kawasan industri di daerah Pulo Gadung yang dihuni sekitar 300 pabrik. Selama ini di wilayah tersebut belum tersedia area pusat makanan yang bersih dan nyaman, hanya mengandalkan pedagang kaki lima.

Direktur Utama BSM Agus Sudiarto mengatakan, kehadiran pusat makanan halal dan modern akan memudahkan akses pegawai di areal JIEP terhadap makanan bersih sehat dan halal.

"Kami sangat mendukung program pusat kuliner halal karena memang ini salah satu concern kami," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (17/8/2015).

Apalagi, lanjut dia, kawasan ini juga nantinya mengakomodasi para pedagang yang sebelumnya telah hadir di kawasan JIEP.

Menurut Agus, BSM concern pada pengembangan pusat kuliner halal di dalam program corporate social responsibility (CSR). BSM telah berhasil mengembangkan kawasan kuliner Kampung Lima yang berlokasi di samping kantor pusat BSM, dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor untuk mengembangkan pusat kuliner halal di daerah tersebut. "Ini menjadi yang ketiga," ucapnya.

Dia mengungkapkan, para pedagang akan diberi akses juga untuk pengembangan kapasitas. Pedagang yang kekurangan modal akan dibantu melalui pembiayaan mikro atau pembiayaan modal tanpa margin yang bekerjasama dengan Lembaga Zakat BSM.

"Sehingga para pedagang bisa berjualan di lokasi yang bersih, nyaman dan modern sehingga akses pengunjung bertambah," papar dia. Indonesia merupakan salah satu pasar makanan halal terbesar di dunia dengan jumlah penduduk Muslim mencapai 205 juta jiwa.

Bahkan, pasar industri halal di Indonesia menurut penelitian Global Islamic Economy mencapai 190,4 miliar dolar AS. "Sehingga, seiring kebangkitan kelas menengah Muslim, pasar halal food di Indonesia juga meningkat," ujarnya.

Lokasi Modern Halal Food berada di kawasan industri JIEP Pulogadung. Lokasi ini akan dilengkapi fasilitas yang nyaman dan mampu menampung lebih dari 100 pedagang makanan dan minuman. "Ke depan tidak menutup kemungkinan di areal ini akan menjadi showroom UKM binaan industry di Pulo Gadung," tandasnya.

Baca juga:

Enam Langkah Sederhana Memulai Bisnis

Pelaku Pasar Cium Aroma Tak Sedap dari Reshuffle
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)