Penyerapan Anggaran Baru 50% Per Agustus

Rabu, 19 Agustus 2015 - 20:27 WIB
Penyerapan Anggaran Baru 50% Per Agustus
Penyerapan Anggaran Baru 50% Per Agustus
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyebutkan, hingga pertengahan Agustus 2015 serapan anggaran atau belanja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015 yang sudah dicairkan baru mencapai 50%.

"Summary bahwa per kemarin belanja APBN yang sudah dicairkan atau sudah keluar dari rekening pemerintah sudah mencapai 50%. Jadi persis 50%," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Kendati demikian, Bambang masih berharap serapan anggaran ke depannya akan lebih baik dan bisa mencapai target yang dicanangkan pemerintah yaitu sekitar 96% hingga akhir tahun.

"Tentunya kita berharap ke depan, karena sudah hampir akhir Agustus, dalam sisa waktu empat bulan berikutnya mudah-mudahan bisa dipacu sehingga perkiraan akhir tahun 96% bisa tercapai," imbuh dia.

Mantan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menambahkan, dari total serapan anggaran sekitar 50%, penyerapan untuk belanja modal masih relatif rendah. Hingga pertengahan Agustus, belanja modal baru terserap 20%.

Sebab itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlunya memberikan kenyamanan dan kepastian kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk segera melakukan belanjanya, terutama untuk belanja modal.

"Presiden mengharapkan perlunya memberi kenyamanan dan kepastian kepada pengambil keputusan, maupun penguasa pengguna anggaran di pusat dan daerah untuk segera melakukan belanjanya, terutama yang harus didorong cepat itu belanja modal. Jadi memang kita tidak hanya bicara masalah total belanja, tapi yang harus didorong itu belanja modal," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5994 seconds (0.1#10.140)