Sepatu pun Bisa Ditata Menawan

Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:20 WIB
Sepatu pun Bisa Ditata Menawan
Sepatu pun Bisa Ditata Menawan
A A A
Fungsinya tidak hanya melindungi kaki. Sepatu juga bisa menjadi fashion tersendiri untuk menambah sempurna tampilan Anda. Jangan lupa juga untuk menyediakan rak khusus sebagai tempat penyimpanannya.

Sepatu yang bergeletakan di rumah, tentu akan membuat tampilan rumah semakin tidak indah. Untuk itu, merapikan sepatu dengan membuat rak yang memadai bisa menjaga koleksi sepatu Anda terhindar dari masalah debu dan jamur yang sering hinggap di dalamnya. Ke manapun Anda melangkah, tentu selalu ditemani oleh pelapis kaki alias sepatu.

Semakin pesatnya perkembangan zaman, fungsi sepatu saat ini tidak terlihat monoton untuk melapisi kaki saja, melainkan sudah menjadi satu kebutuhan dari keseharian kita. Seperti untuk ke kantor, ke sekolah, bahkan untuk berjalan-jalan hingga berolahraga. Anda pasti sering mengalami permasalahan penataan sepatu.

Hal ini tentu membuat kesal, bahkan menambah tingkat emosi semakin memuncak saat melihat tampilan sepatu yang tidak teratur di rumah. Desain lemari sepatu yang tidak memakan lahan di rumah, tapi bisa menampung banyak sepatu yang Anda cari. Kebanyakan dari Anda pasti tidak pernah berpikir untuk menggunakan lemari besar sebagai rak sepatu.

Pasti Anda langsung berpikir ruangan Anda akan terlihat lebih sempit dan sesak. Tapi tak perlu khawatir, dengan desain yang pas serta penempatan yang baik, rak sepatu besar pun bisa menjadi pilihan untuk menampung puluhan koleksi sepatu Anda. Menurut arsitek interior Rizky Artando, untuk membuat lemari sepatu tidak perlu ruangan khusus.

Kita dapat memanfaatkan sebagian lorong kecil di sudut dinding rumah agar tidak banyak memakan tempat. Idealnya, kita bisa memanfaatkan lahan rumah dengan ukuran lebar lebih kurang 90 cm untuk membuat lemari khusus. “Tidak hanya di lahan yang memiliki spaceatau sudut luas, dengan lahan yang berukuran lebar hanya 20 cm pun kita bisa menciptakan lemari yang dapat difungsikan sebagai rak sepatu,” tuturnya.

Dengan ukuran yang minimalis ini, lemari yang berfungsi sebagai rak penyimpanan sepatu tidak akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berlalu-lalang di lorong. Untuk permasalahan ukuran panjang serta tinggi rak, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan lahan rumah. Hanya, idealnya rak penyimpanan memiliki panjang 1,2 meter dan tinggi 2 meter.

Bagian dalam lemari pun tidak boleh Anda lupakan. Biasanya bagian dalam bisa Anda bagi menjadi dua. “Idealnya, rak sepatu dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian bawah dibuat berbentuk kotak dan disusun secara diagonal,” sebut Rizky. Pembagian dalam lemari penyimpanan sepatu ini untuk memberikan ruang berbeda pada rak sepatu. Misalkan di sisi kiri-kanan bisa Anda dipergunakan untuk menaruh beberapa koleksi sepatu.

Sementara di bagian atas, Anda boleh mempergunakan batang logam. Hal ini berfungsi sebagai penyangga bagi sandal dan sepatu. “Jika ingin menggunakan batang logam sebagai penyangga di dalam lemari penyimpanan, sebaiknya gunakan batang logam dengan diameter satu sentimeter dan panjang 10 sentimeter,” ujar Rizky. Walau bagaimanapun, alangkah lebih baik jika rak sepatu tidak tertutup terlalu rapat agar bisa memberikan celah kecil untuk sirkulasi udara di dalam rak.

Dengan begitu, sepatu tidak terlalu lembab atau kepanasan di dalam rak. Ada hal lain yang perlu diingat, udara yang terlalu lembap atau panas bisa merusak kondisi sepatu. Terutama sepatu jenis kulit, akan menyebabkan jamur karena kelembaban atau rusak akibat kepanasan. Ukuran rak sepatu tidak harus dibuat sama dengan ukuran lemari pada umumnya. Rak sepatu lebih terlihat ramping.

Selain itu, rak sepatu juga tidak memerlukan area yang luas. “Rak sepatu pada umumnya hanya membutuhkan lebar kurang dari 30 sentimeter. Untuk kebutuhan tinggi dan panjangnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” papar Rizky. Mulai sekarang Anda tak perlu lagi melihat sepatu berserakan di dalam rumah. Dengan tampilan rak yang sederhana, beragam koleksi sepatu Anda akan tertata rapi dan lebih awet.

Aprilia S Andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6472 seconds (0.1#10.140)